Text
Pengaruh kualitas pelayaan terhadap kepuasan nasabah PT Prudential Syariah cabang Kediri (studi pada agency director Sulis Puspita Agung Dewantari)
Kualitas Pelayanan menjadi keharusan yang dilakukan perusahaan supaya mampu bertahan dan tetap mendapat kepercayaan pelanggan. Salah satu permasalahan pada perusahaan ini bukan pada produk apa yang diberikan kepada nasabah, tetapi bagaimana cara memberikan kualitas pelayanan yang baik dan rasa puas pada nasabah. Karena semakin baik kualitas pelayanan yang diterima nasabah, diharapkan dapat memberikan kepuasan nasabah kepada perusaahn tersebut.
Penelitian ini dilaksanakan di PT Prudential Syariah Cabang Kediri milik Agency Director Sulis Puspita Agung Dewantari dengan menggunakan pendekatan Kuantitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah kuisioner, wawancara dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari hasil angket yang disebarkan kepada nasabah Prudential Syariah yang telah mengalami klaim dengan jumlah 99 orang dari jumlah populasi tersebut maka sample yang digunakan yakni semua populasi. Analisis dilakukan dengan pengujian Validitas dan realibilitas instrumen penelitian, uji normalitas, analisis korelasi, analisis regresi linier sederhana, uji determinasi, uji heterogen dan uji t
Berdasarkan hasil yang diperoleh variable kualitas pelayanan(X) pada PT Prudential Syariah Cabang Kediri adalah nilai rata-rata (Mean) senilai 31,20 dengan standart deviasi sebesar 2,665. Sedangkan kualitas pelayanan(X) PT Prudential Syariah Kediri juga termasuk dalam kategori tinggi. Hasil yang diperoleh dari variable kepuasan nasabah(Y) dengan nilai rata-rata (Mean) senilai 35,03 dengan standart deviasi 2,409. Sedangkan kepuasan nasabah(Y) PT Prudential Syariah Kediri juga termasuk dalam kategori tinggi. Hubungan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah adalah kuat, karena pearson correlation sebesar 0,670 di antara interval 0,60-0,799. Analisis sig (0,000) < 0,05 maka H, diterima dan H, ditolak, sehingga kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah (studi pada PT Prudential Syariah Kediri) terdapat pengaruh yang signifikan Analisis data menggunakan regresi sederhana diperoleh persamaan Y-16,138+ 0,605. Sehingga diperoleh hasil bahwa besarnya R Square adalah 0,448 atau 44,8% terhadap kepuasan nasabah. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan cukup berpengaruh terhadap kepuasan nasabah PT Prudential Syariah Sedangkan sisanya 55,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan olch variabel bebas, seperti faktor ikatan emosi, kemudahan, pengalaman dengan perusahaan.
Tidak tersedia versi lain