Text
Pengaruh harga dan produk terhadap keputusan pembelian es krim Aice (studi pada santri putri PP. Al-Amin Ngasinan Kota Kediri)
Dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang semakin maju, membuat persaingan antar pasar industri dalam sektor pangan semakin pesat. Hal ini terbukti dengan banyaknya jenis pangan yang beredar di pasaran, baik pasar dalam negeri maupun luar negeri. Berbagai keanekaragaman makanan dan minuman dengan merek dan tampilan untuk menarik konsumen.
Munculnya persaingan yang kuat antara produsen dalam menawarkan produk terbaik mereka, menuntut konsumen untuk menjadi semakin cermat dan pintar dalam memilih produk yang beredar di pasaran. Oleh karena itu, perusahaan berlomba-lomba menawarkan inovasi dan variasi terbarunya demi mempertahankan produknya di hati pelanggan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh antara harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian es krim Afce (khususnya konsumen es krim Aice di PP. Al-Amin Ngronggo, Ngasinan Kota Kediri).
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen es krim Aice. Sampel data penelitian ini diperoleh sebanyak 135 orang. Teknik pengambilan sampel adalah teknik random sampling Pengujian instrument dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas, teknik analisis data menggunakan analisis deskriftif, uji normalitas, analisis korelasi, serta uji hipotesis pada a=0.05. Metode pengumpulan data dengan menggunakan angket.
Hasil penelitian mendapatkan bahwa persamaan regresi yang berbentuk adalah Y- 5.337+0,279 X: +0,583 X2 hasil menunjukkan bahwa kualitas produk memiliki pengaruh yang lebih besar dari pada harga terhadap keputusan pembelian hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa variabel harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Kemudian diketahui bahwa nilai R3 (koefisien determinasi) sebesar 31.2 % sedangkan sisanya 68,8% dipengaruhi oleh variable lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Faktor lain bisa saja muncul dalam mempengaruhi keputusan pembelian yaitu lokasi dan promosi.
Tidak tersedia versi lain