Text
Pengaruh budaya, sosial, pribadi dan psikologis terhadap keputusan nasabah dalam milih produk Rahn (jaminan) di pegadaian syariah Jombang
Bank syariah di indonesia mengalami perkembangan yang cukup pesat, karena banyak pihak yang lebih memilih menggunakan perbankan dengan sistem non-bunga. Masyarakat Indonesia sendiri memiliki agama, suku, budaya dan bahasa yang sangat beragam. Serta keputusan nasabah merupakan salah satu elemen penting dalam menilai, mendapatkan dan mempergunakan suatu produk untuk memuaskan kebutuhannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh budaya, sosial, pribadi dan psikologis terhadap keputusan nasabah dalam memilih produk rahn (jaminan) di Pegadain Syariah Jombang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dengan sampel simple random sampling, yaitu teknik pengambilan sampel yang dilakukan secara acak tanpa mencermati strata yang terdapat dalam populasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah produk rahn (jaminan) Tahun 2019 yang berjumlah 1482 nasabah.
Hasil penelitian mendapatkan bahwa persamaan regresi yang terbentuk adalah Y 7,253 +0,531X1 +0,571X2 + 0.053X3 +0,246X4. Hasil menunjukkan bahwa variabel budaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah dalam memilih produk rahn (jaminan). Hasil menunjukkan bahwa variabel sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah dalam memilih produk rahn (jaminan). Hasil menunjukkan bahwa variabel pribadi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah dalam memilih produk rahn (jaminan). Hasil menunjukkan bahwa variabel psikologis tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah dalam memilih produk rahn (jaminan). Kemudian diketahui bahwa nilai (koefisien determinasi) sebesar 0,720 atau 72%. Ini berarti kemampuan variabel bebas (budaya, sosial, prinadi dan psikologis) menjelaskan variabel terikat (keputusan nasabah dalam memilih produk rahn (jaminan)) adalah sebesar 72% sedangkan sisanya 28% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Tidak tersedia versi lain