Text
Peran pengelolaan wakaf produktif untuk pengembangan lembaga pendidikan Islam (studi kasus di Yayasan Pondok Pesantren Al-Falah Desa Sukamaju Kecamatan Babat Supat Kabupaten Musi Banyuasin)
Mayoritas aset wakaf di Indonesia adalah wakaf tanah dengan luas sekitar 52.390,11 Ha. Dimana 91,31% digunakan secara tidak produktif. Sebenarnya wakaf adalah ajaran agama Islam yang memiliki potensi ekonomi yang besar apabila dikelola dengan baik. Yayasan Pondok Pesantren Al-Falah Desa Sukamaju Kecamatan Babat Supat Kabupaten Musi Banyuasin adalah lembaga pendidikan Islam yang berbasis pesantren dan berdiri diatas tanah wakaf seluas 100.358 m². Yayasan melengkapi diri dengan mendirikan lembaga pendidikan formal (SMP, SMA, & SMK), dan non-formal (TPQ & Madrasah Diniyah). Selain itu Yayasan juga mengelola wakaf produktif dengan membentuk perkebunan, pertokoan, penangkaran sarang walet, usaha katering, dan lain-lain. Hasil dari pengelolaan menjadi penyumbang dana untuk mengembangkan pesantren.
Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam menganalisis data adalah penyajian data, reduksi data, dan pengambilan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa, (1) Pengelolaan wakaf produktif di Yayasan PP. Al-Falah dilakukan dengan baik, karena dilakukan dengan terorganisir, terencana dan sesuai dengan proses manajemen. Terbukti dengan dikelolanya kebun sawit, kebun karet, penangkaran sarang walet, pertokoan, katering, depot air minum, dan laundri, yang dapat menghasilkan pendapatan hampir Rp. 900.000.000 dalam satu tahunnya (2) Wakaf produktif di PP. Al-Falah sangat berperan dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam. Hasildari wakaf diguakan untuk pemenuhan kebutuhan pesantren berupa bisyaroh ustadz dan ustadzah, pembayaran listrik dan juga penunjang pembangunan gedung-gedung fasilitas pesantren, seperti asrama santri, gedung sekolah baik SMP, SMK dan SMK.
Tidak tersedia versi lain