Text
Pengaruh kepuasan terhadap loyalitas nasabah (studi kasus nasabah pembiayaan pada KSPS BMT-UGT Sidogiri capem Sukorejo Blitar)
Persaingan yang semakin erat antar lembaga keuangan syariah, membuat setiap lembaga harus memerhatikan nasabahnya agar tetap menggunakan produk dan jasa di lembaga tersebut secara berkesinambungan atau loyal. Terdapat faktor yang mendorong terjadinya loyalitas nasabah yaitu kepuasan. Nasabah akan loyal jika kinerja yang diberikan dapat memenuhi harapannya, sehingga nasabah akan puas dan akan menciptakan loyalitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan nasabah dan mengetahui loyalitas nasabah pembiayaan pada KSPS BMT-UGT Sidogiri Capem Sukorejo Blitar, serta untuk mengetahui pengaruh kepuasan terhadap loyalitas nasabah pembiayaan pada KSPS BMT-UGT Sidogiri Capem Sukorejo Blitar.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini sebesar 160 nasabah pembiayaan pada KSPS BMT-UGT Sidogiri Capem Sukorejo tahun 2020 yang telah melakukan transaksi lebih dari 2 kali. Sedangkan jumlah sampel sebanyak 114 nasabah. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling Metode pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, regresi linier sederhana dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian ini, diketahui bahwa variabel kepuasan (X) dan variabel loyalitas nasabah (Y) dalam kategori cukup. Hasil dari persamaan regresi Y 6,337+0,817X. Hasil perhitungan uji korelasi menunjukkan 0,812, yang berarti berkorelasi kuat. Hasil analisis uji t, diperoleh tg (14,699) 21 (1,98137), artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara kepuasan terhadap loyalitas nasabah pembiayaan pada KSPS BMT-UGT Sidogiri Capem Sukorejo Blitar. Dan berdasarkan hasil koefisien determinasi, R Square menunjukkan nilai 0,659, artinya besarnya pengaruh variabel kepuasan terhadap loyalitas nasabah sebesar 65,9%, sedangkan sisanya 34,1% dipengaruhi faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini, seperti kepercayaan, ikatan emosi, kemudahan, dan pengalaman dengan perusahaan.
Tidak tersedia versi lain