Text
Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen pasta gigi Pepsodent (studi pada santriwan pondok pesantren Al-Amien Ngasinan Kota Kediri)
Pada lingkungan pesantren sangat penting bagi santriwan pondok pesantren Al-Amien ngasinan kota kediri untuk selalu menjaga kebersihan mulut dan gigi mereka, agar kebersihan gigi dan mulut mereka selalu terjaga,dan untuk menjaga kebersihan tersebut santriwan membutuhkan pastagigi untuk memenuhi kebutuhanya, dari observasi awal yang ditemukan oleh peneliti bahwa terdapat 133 santriwan menggunakan pastagigi pepsodent untuk memenuhi kebutuhannya, dan pada observasi awal dari 33 responden mayoritas memilih pastagigi pepsodent karena kualitas produknya, Kualitas produk merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kepuasan konsumen, sedangkan kepuasan konsumen merupakan perasaan senang atau kecewa terhadap produk atau jasa dimana kebutuhan keinginan dan harapan dari konsumen dapat terpenuhi atau sesuai harapan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen pastagigi pepsodent pada santriwan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif, Populasi dalam penelitian ini adalah 133 santriwan, sedangkan jumlah sampel penelitian ini sebanyak 100 santriwan. instrumen menggunakan angket dan dokumentasi, analisis data regresi linier sederhana menggunakan SPSS dengan kriteria signifikasi 0,05.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas produk dan kepuasan konsumen santriwan Al-Amien ngasinan kota kediri masing-masing termasuk kategori "cukup". Sedangkan dari hasil uji korelasi pearson product moment menunjukan bahwa Thitung 0,775 terletak pada rentang interval koefisien antara 0,60-0,80 jadi dapat disimpulkan terdapat hubungan dalam kategori kuat. Adapun hasil ujit menunjukan bahwa bahwa H, ditolak dan H, diterima yang artinya variabel ada pengaruh yang signifikan antara kualitas produk (X) terhadap Kepuasan Konsumen (Y). Dengan nilai pengaruh sebesar 60,1% sedangkan sisanya 39,9% dipengaruhi oleh faktor variabel lain diantaranya harga, kualitas pelayanan dan emosi.
Tidak tersedia versi lain