Text
Sistem pembelajaran madrasah aliyah negeri program keagaamaan (MANPK) sebagai upaya kaderaisasi ulama di madrasah aliyah negeri 4 Jombang
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh krisis ulama di tengah arus globalisasi dan pesatnya perkembangan faham radikalisme, intoleransi, dan anti nasionalisme yang menjadi masalah serius yang harus dihadapi oleh lembaga pendidikan Islam. Menyadari realitas tersebut, MANPK diselenggarakan melalui sistem pembelajaran yang terpadu untuk mengembangkan potensi peserta didik secara optimal sebagai kader ulama di masa mendatang. Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis sistem pembelajaran MANPK terkait dengan tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran dalam upaya kaderisasi ulama.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Lokasi penelitian dilakukan di Asrama Hasbullah Sa'id MANPK MAN 4 Jombang. Teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Tujuan pembelajaran MANPK MAN 4 Jombang sebagai upaya kaderisasi ulama berpedoman pada tujuan MAPK yang tertuang dalam Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 1293 Tahun 2016. Untuk tujuan nasional tertuang dalam UU Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003. Untuk tujuan institusional tercantum dalam slogannya yaitu "mencetak ulama yang cendikia, cendikia yang ulama." Serta tujuan kurikuler yang mengacu pada SKL., 2) Materi pembelajaran MANPK MAN 4 Jombang sebagai upaya kaderisasi ulama menggunakan kurikulum terintegrasi yang meliputi pembelajaran pagi, pembelajaran diniyah, dan kegiatan pengembangan diri. 3) Metode pembelajaran MANPK MAN 4 Jombang sebagai upaya kaderisasi ulama pada pembelajaran pagi dengan mengkombinasikan metode kurikulum 2013 yang berbasis bilingual. Pada metode pembelajaran diniyah dengan menggabungkan antara metode pondok modern dan salaf dalam pengkajian kitab dan penyampaian materi pelajaran. 4) Evaluasi pembelajaran MANPK MAN 4 Jombang sebagai upaya kaderisasi ulama pada pembelajaran pagi dalam bentuk penilaian guru, penilaian madrasah, dan penilaian pemerintah. Pada pembelajaran diniyah dalam bentuk ujian tulis dan ujian lisan dalam bahasa Arab dan Inggris.
Tidak tersedia versi lain