Text
Strategi penerimaan peserta didik baru pada sekolah berbasis organisasi (studi kasus di SDI NU Sekaran - Kayen Kidul - Kediri)
Pendidikan merupakan sebuah usaha yang sangat dibutuhkan bagi keberlangsungan hidup manusia. Pendidikan diharapkan mampu mencerdaskan kehidupan bangsa yang berkarakter dan penuh dengan nilai-nilai yang bernilai luhur. Untuk dapat mencapai tujuan tersebut, maka lembaga pendidikan harus diselenggarakan dengan nilai-nilai keagamaan yang berlandaskan ASWAJA dan lingkungan belajar yang efektif. Selain itu agar rencana tersebut dapat berjalan dengan maksimal maka adanya input yang berkualitas sangat diperlukan. Dalam hal ini diperlukan strategi rekrutmen penerimaan peserta didik baru yang jelas dan terencana. Adapun fokus penelitian dalam penelitian ini adalah 1) teknik rekrutmen penerimaan peserta didik baru SDI NU Sekaran, 2) teknik seleksi penerimaan peserta didik baru SDI NU Sekaran, 3) keefektifan penerimaan peserta didik baru di SDI NU Sekaran?. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mendeskripsikan teknik rekrutmen, teknik seleksi dan keefektifan penerimaan peserta didik baru di SDI NU Sekaran.
Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif. Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif, dengan membuat gambaran yang sistematis dan faktual. Selanjutnya untuk menentukan keabsahan data dalam penelitian ini, peneliti pengunakan teknik perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Dari penelitian yang telah dilaksanakan, hasil penelitian yang diperoleh yaitu 1) teknik rekrutmen peserta didik baru di SDI NU Sekaran meliputi proses, strategi dan sosialisasinya, 2) Teknik Seleksi PPDB di SDI NU Sekaran meliputi kriteria penilaian seleksi, metode seleksi dan tahapan seleksi, 3) Keefektifan PPDB di SDI NU Sekaran meliputi efektif dari jumlah calon peserta didik dan efektif dari segi kompetensi peserta didik yang diterima.
Tidak tersedia versi lain