Text
Sistem penerimaan guru pada lembaga pendidikan swasta (studi di SMK Al-Huda Kota Kediri)
Penerimaan Tenaga pendidik dan kependidikan merupakan salah satu unsur terpenting lalam meningkatkan mutu pendidikan Tenaga kependidikan adalah anggota masyarakat ang mengabdikan diri dan diangkat untuk menunjang penyelenggaraan pendidikan, yang neliputi pengelola satuan pendidikan, penilik, pamong belajar, pengawas, peneliti, sengembang, pustakawan, laboran dan teknisi sumber belajar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem penerimaan guru baru dengan fokus xenelitian, yaitu: 1) Perencanaan penerimaan guru baru 2) Kriteria atau kualifikasi enerimaan guru baru 3) Pelaksanaan penerimaan guru baru 4) Implikasi guru baru yang direkrutmen.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu untuk
menggambarkan, memaparkan, dan mengungkapkan hasil penelitian mengenai sistem
penerimaan guru baru. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan
dokumentasi
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem penerimaan tenaga pendidik baru ini sudah cukup baik yang meliputi: 1) pelaksanaan penerimaan guru baru ini bisa terlaksana dengan melakukan tahap penetapan tujuan dan sasaran, pembentukan panitia yang bagus, penetapan daya tampung dan perumusan strategi sosialisasi yang akan digunakan Pelaksanaan sosialisasi dengan menggunakan strategi intern dan ekstern 2) Kriteria atau kualifikasi tenaga pendidik baru dengan cara musyawarah kepala sekolah, ketua yayasan dan panitia dengan mengacu pada nilai tes atau sesuai kriteria kelulusan yang di tetapkan bersama 3) Pelaksanaan penerimaan guru baru diadakan untuk memenuhi kebutuhan lembaga dengan membentuk kepanitiaan dengan waktu yang lama serta koordinasi setiap seminggu sekali dan seleksi dilakukan dengan bentuk tes tulis, dan tes wawancara kemudian praktik 4) Implikasi guru baru ini bisa dilihat dari kinerjanya yang dilakukan oleh kepala sekolah secara konting dan ketua yayasan dengan pengawasan tidak langsung
Tidak tersedia versi lain