Text
Strategi komunikasi interpersonal guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMAN 6 Kediri tahun 2018/2019
Keberhasilan pembelajaran tergantung kepada efektifitas proses komunikasi yang terjadi. Karena kualitas pembelajaran dipengaruhi oleh efektif tidaknya komunikasi yang terjadi didalamnya. Melalui strategi komunikasi interpersonal diharapkan seorang Guru mampu mengkoordinasi kemauan siswa untuk menyelesaikan tujuan pendidikannya, mengorganisasi dan Dalam melakukan tugas tersebut, Guru perlu memahami minat dan bakat siswa dengan baik agar nantinya mampu berkomunikasi sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh siswa. Siswa lebih bisa berkonsentrasi dan aktif dalam proses belajar mengajar di kelas ketika secara psikologis siswa merasa nyaman dan senang. Alasan peneliti mengambil penelitian disini karena Guru PAI di SMAN 6 Kediri mempunyai kemampuan komunikasi interpersonal yang baik sehingga terjalinlah kedekatan dan keterbukaan antara Guru PAI terhadap siswanya. Fokus dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Sikap keterbukaan (openness), sikap Empati (empathy), dan Sikap Positif (positiveness) Guru PAI terhadap siswanya dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMAN 6 Kediri
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Dan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi.
Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: 1) Sikap keterbukaan Guru PAI terhadap siswanya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah dengan membuka diri, memberikan No WhatsApp, Face to face, menyamakan kedudukan dengan siswa, Menasehati (menginspirasi dan memotivasi) dengan contoh nyata. 2) Sikap Empati Guru PAI terhadap siswanya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah memahami, merasakan dan menjadi teman bicara yang baik, Dengan melakukan pendekatan dan memberikan stimulus, melakukan komunikasi secara personal, menjadi pendengar yang baik, memberikan nasehat dan solusi. 3) Sikap positif Guru PAI terhadap siswanya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah selalu mempersilahkan bertanya, menanggapi dan menjawab pertanyaan sebaik mungkin, memberikan waktu luang untuk sharing diluar KBM, memberikan reward dalam bentuk sikap dan tindakan, dengan memuji siswa secara spontanitas dan memberikan nilai plus
Tidak tersedia versi lain