Text
Implementasi kurikulum madrasah diniyah takmiliyah unggulan (MDTU) wustha (studi kasus di madrasah Muallimin Muallimat Al-Muwazanah Gondah Plosoklaten Kediri)
Implementasi merupakan upaya tindak lanjut dari sebuah teori yang telah disepakati kebenarannya dan keberadaannya Pentingnya upaya implementasi ini juga berlaku pada kehidupan dunia pendidikan. Berlandaskan hal tersebut, maka peneliti merasakan sebuah desakan yang sangat kuat untuk mencoba mengangkat implementasi kurikulum Madrasah Diniyah Takmiliyah Unggulan (MDTU) Wustha (Studi Kasus Di Madrasah Muallimin Muallimat Al-Muwazanah, Gondang, Plosoklaten, Kediri) untuk dijadikan sebagai judul dalam tesisnya. Tantangan berat bagi lembaga pendidikan saat ini adalah mampu menyiapkan kurikulum pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan agar peserta didik menjadi manusia yang berbudaya dan berkualitas. Kurikulum dalam sistem sekolah merupakan suatu rencana yang memberikan pedoman atau pegangan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Untuk mencapai suatu pendidikan yang baik dan berkualitas, maka perlu adanya sebuah manajemen kurikulum yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan atau evaluasi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di lembaga Madrasah Muaallimin Muallimat Al Muwazanah, Gondang, Plosoklaten, Kediri. Prosedur pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa implementasi kurikulum yang dilakukan oleh pihak Madrasah Muaallimin Muallimat Al Muwazanah, Gondang, Plosoklaten, Kediri berjalan dengan cukup baik dan lancar, serta sesuai dengan beberapa aturan dan prinsip yang telah ditentukan oleh pemerintah dalam upaya membimbing satuan pendidikan dalam langkah praktisnya.
Tidak tersedia versi lain