Text
Pengantar metodologi pengajaran sastra
Pengajaran sastra merupakan proses interaksional untuk memperoleh makna melalui karya sastra dan membangun pengetahuan tentang sastra. Model-model pengajaran untuk mencapai tujuan ini beranjak dari teori, desain, praktik, dan evaluasi. Dalam bentuk pakem, pengetahuan sastra adalah ilmu sastra yang terdiri dari teori satra, sejarah sastra, dan kritik sastra.
Namun, perkembangan kesusastraan di Indonesia memiliki sejarah panjang yang menyimpan bnyak maslah dan polemik. Apakahn sastra Indonesia merupakan dari kebudayaan dunia ataukah memiliki sifat kelokalah yang khas? Apakah tepat jika perkembangan sastra Indonesia dibagi dalam tahap-tahap periodisasi? Apa yang melatar belakangi dan menjadi landasan dalam melakukan periodisasi? Berbagai polemik tersebut nyatanya sampai sekarang masih menjadi perdebatan. DI antara berbagai macam persoalan dan perkembangan sastra, pengajaran sastra menjadi salah bidang yang patut mendapatkan perhatian. Apalagi dalam perkembangan dewasa ini, pengajaran sastra menemui banyak tantangan. Salah satunya adalah kemunculan dunia virtual sebagai media eksistensi karya sastra. Bagaimana melakukan kritik sastra dalam karya-karya di dunia virtual? Bagaimana menerapkan teori, metode, dan metodologi yang tepat dalam melakukan analisis terhadap karya sastra?
Tidak tersedia versi lain