Text
Implementasi manajemen kesantrian ma`had al-azhar di MTsN 2 Kota Kediri
Ma'had MTsN 2 Kota Kediri menerapkan sistem pendidikan berasrama bagi siswa siswi yang mengambil program kelas excellent, program kelas religi (keagamaan), dan program kelas Peserta Didik Cerdas Istimewa (PDCI) sebagai salah satu bentuk sistem pembelajaran dan pengembangan diri bagi siswa siswi MTSN 2 Kota Kediri. Adapun klasifikasi sistem tersebut terdin dari bimbingan BTQ. bimbingan pengembangan keagamaan, bimbingan persiapan UN bimbingan bahasa inggris dan bahasa arab serta pembelajaran IT. Adapun untuk mengetahui implementasi manajemen kesantrian Ma'had Al-Azhar di MTsN 2 Kota Kediri karena hal ini merupakan hal terpenting dalam mencapai kualitas santri dan Ma'had Al-Azhar agar lebih baik, sehingga dapat mencetak generasi yang islami dan berpengetahuan tinggi. Fokus penelitian dalam tesis ini adalah bagaimanakah penerimaan santri baru, orientasi santri, pengelompokkan santri, pembinaan dan pengembangan santri, layanan khusus bagi santri, evaluasi hasil belajar santri, pencatatan dan pelaporan santri di Ma'had Al-Azhar di MTsN 2 Kota Kediri?
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, berupa ucapan atau tulisan dan perilaku yang diamati. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus, yaitu suatu penelitian yang dilakukan secara intensif, terinci, dan mendalam terhadap suatu organisasi, lembaga, atau gejala-gejala tertentu. Prosedur pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah: (1) Penerimaan Santri Baru, proses penerimaan santri baru lazim dilaksanakan oleh panitia penerimaan santri baru (PPSB). (2) Orientasi, kegiatan orientasi santri di Ma'had Al-Azhar di MTsN 2 Kota Kediri untuk santri baru dibekali materi fiqih al-libas, kepribadian, keterampilan, ketangkasan, dan kedisiplinan. (3) Pengelompokan, santri di Ma'had Al-Azhar di MTsN 2 Kota Kediri memiliki dan menyediakan Arabic club, English club, tahfidz club. (4) Pembinaan dan pengembangan santri, santri tentunya dalam bidang kedisiplinan, baik dalam beribadah, melaksanakan kegiatan pondok seperti pengajian kitab kuning, pengajian Al-Qur'an (5) Layanan khusus, bagi santri seperti koperasi sudah ada, yang dikembangkan oleh lembaga untuk menanamkan rasa solidaritas, melatih santri bergotong royong, meningkatkan rasa kekeluargaan, melatih santri menyimpan dan mengembangkan modal, melatih santri berorganisasi (6) Evaluasi kegiatan santri, teknik evaluasi santri di Ma'had terbagi menjadi dua, yaitu teknik tes dan teknik non tes, (7) Pencatatan dan pelaporan bagi santri, dalam pencatatan santri mengenai perkembangan santri, prestrasi santri
Tidak tersedia versi lain