Text
Hubungan keterlibatan kegiatan ekstrakurikuler pramuka, konsep diri terhadap kedisiplinan dan kemandirian siswa di madrasah tsanawiyah negeri 6 Kabupaten Kediri tahun akademik 2018/2019
Kegiata ekstrakurikuler merupakan kegiatan tambahan diluar jam pelajaran yang dilaksanakan setelah pulang sekolah untuk menampung dan mengembangkan potensi peserta didik. lembaga seringkali membuka ekstrakurikuler yang sesuai dengan kebutuhan yang ada di lembaganya, macan ekstrakurikuler sangatlah beraneka ragam salah satunya yaitu pramuka yang mana pramuka selain menjadi kegiatan wajib yang dilaksanakan di lembaga pramuka juga menjadi ekstrakurikuler yang membantu lembaga untuk mendidik karakter peserta didik dengan metode mendidik sambil bermain yang mana karakter yang dimaksut seperti karakter peserta didik yang mampu mengkonsep dirinya sendiri serta karakter kedisiplinan dan kemandirian peserta didik di lingkungan sekolah, rumah dan masyarakat. penerapan wajib pramuka yang dilakukan secara sistematis seperti yang di terapkan di MTsN 6 kabupaten kediri. Maka peneliti tertarik untuk meneliti tentang hubungan keterlibatan kegiatan ekstrakurikuler pramuka, konsep diri terhadap kedisiplinan dan kemandirian di MTsN 6 dengan rumusan masalah, a) bagaimana tingkat kegiatan ekstrakurikuler pramuka, konsep diri, kedisiplinan dan kemandirian? b) apakah terdapat hubungan kegiatan ekstrakurikuler pramuka, konsep diri, kedisiplinan dan kemandirian? Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pola korelasi dan model path analisis yang dijadikan sampel dengan 363 jumlah responden yang diambil dari keseluruah jumlah perserta didik kelas VIII. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan kuisioner (angket) dan dokumentasi dalam pengumpulan data. Adapun pada pengujian hipotesis peneliti menggunakan analisa data kuantitatif dengan menggunakan regresi berganda yang dibantu dengan sofwere spss 21.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antar variabel. Berdasarkan uji correlatian nilai Sig (1-tailed) sebesar .000 yang lebih kecil dari pada nilai alpha 0,05 baik antara pramuka dan kedisiplinan, konsep diri dan kedisiplinan, kedisiplinan dan kemandirian, pramuka dan kemandirian dan konsep diri dan kemandirian, jika dilihat Dari skema konseptual dari analisis coefficients dapat dilihat bahwa hubungan keterlibatan pramuka melalui kedisiplinan secara tidak langsung mempengaruhi kemandirian dengan nilai sebesar 0,256 (0,523X0,490) jika di bandingkan dengan nilai keterlibatan pramuka secara langsung terhadap kemandirian sebesar 0,372. jika dilihat dari hubungan konsep diri secara tidak langsung melalui kedisiplinan terhadap kemandirian dengan nilai sebesar 0,046 (0,094X0,490) jika dibandingkan dengan hubungan konsep diri secara langsung terhadap kemandirian yaitu 0,107. Dari penjelasan di atas bahwa hubungan secara langsung lebih besar dari pada hubungan secara tidak langsung melalui perantara variabel kedisiplinan tersebut.
Tidak tersedia versi lain