Text
Implementasi hidden curriculum terhadap pembentuan karakter peserta didik (studi kasus di MI Al Falah Ds. Pagu Kec. Wates Kab. Kediri)
Kurikulum merupakan salah satu komponen yang memiliki peran strategis dalam sistem pendidikan. Dengan kata lain bahwa, Kurikulum mempunyai kedudukan yang sangat sentral dalam keseluruhan proses pendidikan. Lembaga sekolah sebagai sarana tempat belajar peserta didik sebaiknya harus memiliki program yang dapat menjawab tantangan dunia pendidikan dan dapat menjadikan lingkungan sekolah yang dapat menciptakan pribadi peserta didik sesuai harapan orang tua. Suatu lembaga harus memiliki terobosan melalui kurikulum tersembunyi untuk mengatasi dan menciptakan peserta didik yang memiliki karakter yang positif sesuai dengan harapan masyarakat dan pemerintah. MI AI Falah Desa Pagu Kecamatan Wates Kabupaten Kediri adalah sekolah yang memiliki komitmen kuat untuk membangun, memulai, menciptakan budaya berkarakter di sekolah mereka. Adapun fokus penelitian ini: Bagaimana pelaksanaan hidden curriculum dalam membentuk karakter peserta didik di Mi Al Falah Pagu, nilai-nilai karakter apa saja yang dilaksanakan dalam pembentukan karakter peserta didik di Mi Al Falah Pagu melalui hidden curriculum, bagaimana dampak hidden curriculum dalam membentuk karakter peserta didik di Mi Al Falah Pagu
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara: pengumpulan data, reduksi data (mengolah data). menyajikan data sesuai dengan pokok bahasan, verifikasi atau menyimpulkan data dan pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunujukan implementasi hidden curriculum terhadap pembentukan karakter yang dilakukan oleh MI Al Falah Pagu, Wates, Kediri, berpedoman pada visi dan misi Madrasah, kemudian dipetakan melaui program yang terintegrasi dengan pendidikan karakter. Hidden curriculum memberi dampak positif terhadap peserta didik dan Madrasah Madrasah semakin unggul dan berkualitas. Karakter peserta didik semakin hari semakin meningkat baik, serta memberi kontribusi berupa prestasi akademik maupun non akademik
Tidak tersedia versi lain