Text
Peran musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) PAI sebagai supervisi kolegeal untuk meningkatkan kompetensi pedagogis dan profesional guru di SMK Kota Kediri
Guru PAI di SMK merupakan personil yang menduduki posisi strategis dalam rangka menciptakan output yang sholeh intelektual dan soleh sosial, maka guru terus dituntut untuk terus mengikuti perkembangan konsep-konsep baru dalam dunia pembelajaran. inovasi riil dilakukan guna merealisasikan cita-cita tersebut salah satunya dengan membentuk Musyawarah Guru Mata Pelajaran PAI (MGMP PAI SMK). Ruh demokrasi dan kooperatif dalam tubuh MGMP memungkinkan terciptanya peluang guru untuk menjadi guru yang professional dan punya kompetensi pedagogis yang bagus. Salah satu wujud kooperatif dalam MGMP adalah adanya supervisi kolegial yang diharapkan mampu mengatasi berbagai problem yang dihadapi sesama guru PAI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran MGMP dengan fokus penelitian, yaitu: Pelaksanaan supervisi kolegial guru PAI melalui MGMP untuk meningkatkan kopetensi pedagogik dan kopetensi professional di SMK se-Kota Kediri dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan supervisi kolegial melalui MGMP PAI dalam meningkatkan kopetensi professional dan pedagogik guru PAI di SMK se-Kota Kediri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu untuk menggambarkan, memaparkan, dan mengungkapkan hasil penelitian mengenai peran MGMP PAI sebagai supervisi kolegeal untuk meningkatkan kompetensi pedagogis dan profesional. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Pelaksanaan supervisi kolegial guru PAI melalui MGMP untuk meningkatkan kopetensi pedagogik di SMK se-Kota Kediri. Melalui mengirim anggota MGMP PAI SMK ke pelatihan workshop. sharing ilmu dan saling menyampaikan data data yang dimiliki. melakukan study banding ke MGMP yang sudah temama. 2). Pelaksanaan supervisi kolegial guru PAI melalui MGMP untuk meningkatkan kopetensi profesional di SMK se-Kota Kediri. Memberikan motivasi untuk selalu meningkatkan kinerja diri atau profesionalisme, Meng-update pengetahuan dan wawasan guru PAI, meningkatkan manajemen perilaku yang kreatifas dan skill (keahlian), Menghimbau dan mendukung guru PAI di lapangan yang untuk melengkapi administrasi pembelajaran, Menstimulasi para guru PAI agar bisa menerima perubahan dalam pembelajaran. 3). Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan supervisi kolegial melalui MGMP PAI dalam meningkatkan dan pedagogik guru PAI di SMK se-Kota Kediri. Sulitnya dalam kopetensi professional menentukan waktu kegiatan.
Tidak tersedia versi lain