Text
Pembinaan generasi penerus di pondok pesantren (studi kasus pengasuh pondok pesantren Hidayatul Mubtadi-at Al-Qur`aniyyah Lirboyo Kediri)
Kyai merupakan public figure para santri dan masyarakat sekitar. Di samping kesibukannya mengajar. Namun sebagai orang tua, Kyai juga tetap memiliki kewajiban dalam membina anak-anaknya. Sedangkan sebagai anak Kyai yang memiliki lembaga pendidikan pondok pesantren, diharapkan mampu menjadi generasi penerus ayahnya agar lembaga pendidikan ini tetap berkembang secara stabil Anak-anak KH. Abdullah Kafabihi Mahrus semuanya murni alumni pondok pesantren Lirboyo pusat dan satupun tidak ada yang menempuh di pesantren lain terlebih ke-daerah timur tengah Namun justru hasil dari hasil pembinaannya sangat baik, terbukti dengan beberapa putranya yang saat ini juga aktif mengajar di pesantren Lirboyo seperti Gus Muhammad dan Gus Ahmad.
Fokus Penelitian dalam tesis ini adalah: 1) Bagaimana Pembinaan akidah dan Akhlak Kyai dalam membentuk generasi penerus di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ât Al-Qur'aniyyah (HMQ) Lirboyo Kediri? 2) Bagaimana Pembinaan Ibadah Kyai dalam membentuk Generasi penerus di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ät Al-Qur'aniyyah (HMQ) Lirboyo Kediri? 3) Bagaimana faktor-faktor yang mempengarungi Pembinaan Kyai dalam membentuk generasi penerus di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ät Al-Qur'aniyyah (HMQ) Lirboyo Kediri?
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, analisis data secara induktif dan penelitian yang bersifat deskriptif. Dalam pengumpulan data menggunakan obeservasi, wawancara dan dokumentasi, jenis penelitian ini adalah study kasus. Sedangkan dalam penelitian ini akan menelaah secara konprehensif, mendetail, dan mendalam di lokasi yang diteliti.
Hasil analisis menunjukkan bahwa: Pembinaan akidah yang diterapkan KH Abdullah Kafabihi Mahrus lebih ditekankan pembinaan tentang Iman kepada Allah, Kitab-kitab, dan Iman kepada Qadha dan Qadar Allah. Adapun dalam pembinaan Akhlak yang diterapkan yaitu tentang Akhlak kepada Allah dan Kepada Manusia. Sedangkan pembinaan Ibadah yang di terapkan meliputi pembinaan Sholat fardhu dan Puasa Ramadhan. Dan metode-metode yang diterapkan menggunakan metode pembiasaan, keteladanan, nashihat dan reward Adapun fakor-fator yang mempengaruhi pola pembinaan Kyai dalam memersiapkan generasi penerus meliputi 2 komponen yaitu lingkungan (keluarga dan Masyarakat) dan lembaga pendidikan.
Tidak tersedia versi lain