Text
Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru PAI terhadap motivasi belajar PAI siswa kelas XI di SMAN 1 Ngronggot Nganjuk 2018/2019
Pendidikan sangat penting untuk meningkatkan potensi siswa, potenal siswa dapat terbentuk dengan banyak belajar, siswa membutuhkan motivan belajar yang tinggi untuk dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya Gura mempunyai peranan yang besar dalam pengembangan potensi siswa, maka dibutuhkan guru yang kompeten Tujuan penelitian ini yaitu: 1. Untuk mengetahui tingkat persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru PAI di kelas XI SMAN 1 Ngronggot Nganjuk. 2. Untuk mengetahui tingkat persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru PAI di kelas XI SMAN 1 Ngronggot Nganjuk 3 Untuk mengetahui tingkat motivasi belajar PAI siswa kelas XI di SMAN 1 Ngronggot Nganjuk. 4. Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru PAI terhadap motivasi belajar PAI siswa di kelas XI SMAN 1 Ngronggot Nganjuk. 5. Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru PAI terhadap motivasi belajar PAI siswa di kelas XI SMAN 1 Ngronggot Nganjuk, 6. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru PAI terhadap motivasi belajar PAI siswa di Kelas XI SMAN 1 Ngronggot Nganjuk.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XI di SMAN 1 Ngronggot Nganjuk 2018/2019 berjumlah 124 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 89 siswa Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda.
Hasil dalam penelitian ini adalah. 1. Persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru di SMAN 1 Ngronggot tergolong tinggi dengan rata-rata sebesar 53,19. 2. Persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru PAI di SMAN 1 Ngronggot tergolong tinggi dengan rata-rata sebesar 55,26. 3. Motivasi belajar PAI siswa di SMAN 1 Ngronggot tergolong tinggi dengan rata-rata sebesar 74,11. 4. Ada pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru PAI terhadap motivasi belajar PAI siswa sebesar 36,5% 5. Ada pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru PAI terhadap motivasi belajar PAI siswa sebesar 47,5% 6. Persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru PAI dan persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru PAI secara bersama-sama mempengaruhi motivasi belajar PAI siswa sebesar 40,9%
Tidak tersedia versi lain