Text
Implementasi pendidikan aswaja dalam meningkatkan karakter religius dan toleransi siswa di Madrasah Aliyah Ma`arif NU Kota Blitar
Sekolah merupakan tempat bagi siswa untuk mencurahkan kemampuan dan waktunya serta merupakan tempat yang memiliki andil besar dalam pembentukan kepribadian seseorang. Karenanya, lingkungan sekolah merupakan tempat yang tepat untuk membekali karakter siswa sehingga dapat meminimalisir atau bahkan menanggulangi segala bentuk yang bersinggungan dengan karakter bangsa. Upaya sekolah dalam meningkatkan karakter siswa adalah adanya pendidikan aswaja, adapun beberapa poin yang diajarkan dalam pendidikan aswaja adalah kereligiusan dan toleransi. Fokus penelitian ini adalah penerapan pendidikan aswaja dalam meningkatkan karakter religius dan toleransi siswa di Madrasah Aliyah Ma'arif NU Kota Blitar. Kemudian tujuan penelitian ini yaitu supaya tahu penerapan pendidikan aswaja dalam meningkatkan karakter religius dan toleransi siswa di Madrasah Aliyah Ma'arif NU Kota Blitar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini meliputi metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan dalam menganalisis, peneliti menggunakan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, kemudian pengambilan kesimpulan atau verifikasi.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, peneliti dapat menyimpulkan bahwa: 1) Penerapan pendidikan aswaja dalam meningkatkan karakter religius siswa di MA Ma'ari NU Kota Blita a) Adanya bahan ajar yang berisikan materi terkait amaliyah-amaliyah aswaja Nahdhiyah b) Dilaksanakannya pembiasaan yang dilakukan oleh seluruh siswa guna meningkatkan karakter religius. 2) Penerapan pendidikan aswaja dalam meningkatkan karakter toleransi siswa di MA Ma'arif NU Kota Blitar a) Materi ajar terkait toleransi b) Pembiasaan dilingkungan madrasah dan d) Adanya PKL untuk membiasakan diri untuk toleransi dilingkungan yang lebih luas.
Tidak tersedia versi lain