Text
Penerapan metode soogan kitab di pondok pesantren Al Badriyah Al Hikmah Purwoasri Kediri
Metode sorogan adalah suatu metode pembelajaran di lingkungan pesantren dimana para santri menghadap langsung kepada Kyai atau ustadz untuk membaca, menghafal dan menjelaskan pembelajaran dalam kitab. Metode sorogan kitab sangat efektif dan efisien di terapkan dalam ekstrakulikuler sorogan kitab. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Bagaimana Penerapan Metode Sorogan Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Al Badriyah Al Hikmah Purwoasri Kediri. (2)Apa faktor yang mempengaruhi Penerapan Metode Sorogan Kitab Di Pondok Pesantren Al Badriyah Al Hikmah Purwoasri Kediri
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah deskriptif analitif, sumber data primernya adalah ustadz dan para pengurus pondok pesantren al Badriyah al Hikmah Purwoasri Kediri. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis ini digunakan untuk mengetahui penerapan metode sorogan:
Hasil temuan menunjukkan bahwa terdapat dua pokok temuan (1) Penerapan Penerapan Metode Sorogan Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Al Badriyah Al Hikmah Purwoasri Kediri yaitu memiliki tiga tahap pelaksanaan pembelajaran yaitu (a) Perencanaan, (b) Pelaksanaan, dan (c) Evaluasi. Adapun kegiatan pelaksanaan sorogan dibagi menjadi tiga yaitu ustadz menyampaikan materi, ustadz menyimak santri dalam membaca kitab dan ustadz bersama santri melakukan musyawaroh. Sedangkan evaluasi metode sorogan yaitu test tulis dan praktek membaca. (2) Faktor yang mempengaruhi Penerapan Metode Sorogan Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Al Badriyah Al Hikmah Purwoasri Kediri (a) Guru ustadz, (b) Kecerdasan santri, (c) Sarana dan prasarana. Ketiga faktor saling berkaitan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar agar dapat berjalan dengan optimal dalam mencapai tujuan pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain