Text
Strategi pengelolaan kelas untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran keagamaan di MTs PSM Kedungombo Kab. Nganjuk
Skripsi ini membahas tentang Strategi Pengelolaan Kelas Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Keagamaan Di MTs PSM Kedungombo Kab Nganjuk Pengelolaan kelas merupakan faktor penentu dari keberhasilan pembelajaran, sebuah pengelolaan yang baik akan berdampak terhadap keberhasilan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan (1) Persiapan guru dalam mengelola kelas untuk meningkatkan hasil belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Kedungombo 7 (2) Kesiapan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Kedungombo? (3) Hambatan dalam pengelolaan kelas untuk meningkatkan hasil belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Kedungombo?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian Studi Kasus, studi kasus merupakan suatu penelitian yang dilakukan secara intensif, terperinci dan mendalam terhadap organisasi, lembaga, serta gejala-gelaja tertentu, sementara prosedur dalam penelitian ini untuk mendapatkan data, penulis menggunakan metode dokumentasi, observasi, wawancara. Setelah itu menganalisis dengan teknik deskriptif dan interaktif Analisis data menggunakan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan perpanjangan keikutsertaan (kredibilitas), transbilitas (keteralihan), depandebilitas (riview) dan konfermabilitas (ketegasan pengamatan) dan triangulasi.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah menunjukan (1) Guru mempersiapkan rencana pembelajaran dengan baik, dengan membuat perangkat pembelajaran seperti Silabus, RPP, PROTA dan PROMES, serta mendisain kelas agar pembelajaran berjalan dengan baik, seperti penataan tempat duduk, mengatur sarana dan prasarana, keindahan dan kebersihan kelas, serta pengaturan organisasi kelas (2) Peserta didik dalam mempersiapkan kegiatan proses pembelajaran, sudah cukup baik, baik dari fisik atau persiapan alat pembelajaran seperti LKS, peralatan pembelajaran (3) Hambatan dalam pengelolaan kelas seperti fasilitas kelas yang kurang memadai, seperti adanya bangku yang rusak, papan tulis yang kurang baik, pengetahuan guru mengenai kebutuhan peserta didik serta kurangnya hubungan pendidik dengan peserta didik.
Tidak tersedia versi lain