Text
Pengaruh self-efficacy akademk dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajarn Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Plemahan
Prestasi belajar merupakan perubahan pada diri seseorang setelah melalui proses belajar. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar salah satunya adalah self efficacy akademik. Kunci dalam meraih keberhasilan yakni pada keyakinan. Selain itu, kesuksesan penampilan seorang individu selalu dikaitkan dengan motivasi. Motivasi belajar yang dimiliki peserta didik pada setiap kegiatan pembelajaran sangat berperan untuk meningkatkan prestasi belajarnya. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana self efficacy akademik siswa Kelas XI SMAN 1 Plemahan (2) Bagaimana motivasi belajar siswa Kelas XI di SMAN 1 Plemahan (3) Bagaimana prestasi belajar siswa Kelas XI pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Plemahan (4) Adakah pengaruh self efficacy akademik terhadap prestasi belajar siswa Kelas XI pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Plemahan (5) Adakah pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa Kelas XI pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Plemahan (6) Adakah pengaruh self efficacy akademik dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa Kelas XI pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Plemahan
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, adapun sampel berjumlah 165 responden. Jenis penelitian adalah pendekatan kuantitatif non eksperimental (korelasi). Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket. Sedangkan dalam penelitian ini, metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Self efficacy akademik siswa kelas XI SMAN I Plemahan Kediri termasuk dalam kategori sedang. Motivasi belajar siswa kelas XI SMAN 1 Plemahan Kediri termasuk dalam kategori sedang. Prestasi belajar siswa kelas XI SMAN 1 Plemahan Kediri termasuk dalam kategori sedang. Terdapat pengaruh self efficacy akademik (X₁) terhadap prestasi belajar (Y). Berdasarkan perhitungan tabel ANOVA (Uji F) dengan tingkat signifikansi sebesar 0,037 yang jauh lebih rendah dari alpha sebesar 0,05. Terdapat pengaruh motivasi belajar (X) terhadap prestasi belajar (Y). Berdasarkan perhitungan tabel ANOVA (Uji F) dengan tingkat signifikansi sebesar 0,005 yang lebih rendah dari alpha sebesar 0,05. Terdapat pengaruhi antara self efficacy akademik (X₁) dan motivasi belajar (X₂) terhadap prestasi belajar (Y) dengan tingkat signifikansi sebesar 0,007 yang lebih rendah dari alpha sebesar 0,05. Maka dapat dikatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model regresi ini yaitu self efficacy akademik dan motivasi belajar secara bersama-sama mempengaruhi prestasi belajar siswa.
Tidak tersedia versi lain