Text
Manajemen pembiayanan pendidikan di sekolah swasta (studi multi situs di SD Islam Tarbiyatul Falah Kota Blitar dan SD Islam Lukmanul Hakim Blitar)
Pendidikan yang bernilai strategis itu tidak akan berjalan tanpa dukungan biaya yang memadai. Biaya pendidikan merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam pelaksanaan pendidikan. Untuk mencapai mutu sekolah yang baik. biaya pendidikan harus dikelola dengan optimal. Oleh karena itu, tahapan pada manajemen pembiayaan pendidikan perlu diperhatikan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pembiyayaan dengan
fokus penelitian, yaitu: 1) Perencanaan pembiyayaan pada sekolah swasta 2) Pengorganisasian pembiyayaan pada sekolah swasta 3) Pengawasan pembiyayaan pada sekolah swasta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu untuk menggambarkan, memaparkan, dan mengungkapkan hasil penelitian mengenai
manajemen pembiyayaan pada sekolah swasta. Teknik pengumpulan data
menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembiyayaan pada sekolah swasta meliputi: 1) Perencanaan pembiayaan pendidikan di SD Islam Lukmanul Hakim Blitar dan SD Islam Tarbiyatul Falah dilakukan dengan menetapkan rencana yang menjadi prioritas, mengacu Peraturan pemerintah, perhitungannya cermat, mengoptimalkan sumber daya dan diformulasikan dengan jelas. 2) Aktuatualisasi pembiayaan pendidikan dilakukan dengan mengoptimalkan besarnya anggaran pembiayaan, hingga mencapai 100 % atau mendekatinya, mengacu perencanaan yang ada, terjaganya mutu sekolah dan tertanamnya rasa keihlasan pada tim barang/jasa (waka-waka, Bendahara/Ka. TU). mengedepankan prinsip kehati-hatian dan pengoptimalan anggaran yang tersedia Setiap pelaksanaan realisasi selalu disertai pelaporan kegiatan dalam bentuk SPJ kegiatan. 3) Pengawasan dan pertanggungjawaban dilakukan oleh yasan, Komite sekolah, dan UPTD Pendidikan.
Tidak tersedia versi lain