Text
Manajemen pengembangan ekstrakurikuler dalam mewujudkan visi misi sekolah (studi kasus pengembangan ekstrakurikuler bidang nn akademik di SMA Negeri 7 Kediri)
Penelitian dalam tesis ini dilatar belakangi oleh pengembangan ekstrakurikulikuler di SMA Negeri 7 Kediri yang dalam beberapa tahun terakhir ini banyak meraih prestasi. Hal ini erat kaitanya dalam usaha mewujudkan visi misi sekolah. Lembaga pendidikan memerlukan manajemen yang mempunyai strategi pengembangan, agar dapat menwujudkan visi misi sekolah. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui perencanaan pengembanagan ekstrakulikuler non akademik dalam mewujudkan visi misi sekolah di SMA Negeri 7 Kediri;; (2) Mengetahui pengorganisasian pengembanagan ekstrakulikuler non akademik dalam mewujudkan visi misi sekolah di SMA Negeri 7 Kediri (3) Mengetahui pelaksanaan pengembanagan ekstrakulikuler non akademik dalam mewujudkan visi misi sekolah di SMA Negeri 7 Kediri; dan (4) Mengetahui evaluasi pengembanagan ekstrakulikuler non akademik dalam mewujudkan visi misi sekolah di SMA Negeri 7 Kediri.
Metode penelitian yang digunakan pada tesis ini Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu metode yang mendeskripsikan perilaku orang, tempat atau peristiwa tertentu secara rinci dan mendalam. Teknik analisis data menggunakan analisis data menggunakan model Miles dan Huberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk memeriksa keabsahan data peneliti menggunakan kredibilitas melalui observasi yang dilakukan secara terus-menerus perpanjangan pengamatan, triangulasi (triangulation) sumber data, dan pengecekan mengenai kecukupan referensi.
Hasil penelitian di SMA Negeri 7 Kediri kegiatan ekstrakulikuler non akademik strategi perencanaannya adalah menggunakan assemen kebutuhan dan rekontruksi kebijakan, kedua hal tersebut adalah pijakan awal dalam mempersiapkan kegitan esktrakulikuler Dalam pelakasanaan pengembanagn ekstrakulikuler strategi yang digunakan adalah administrasi manajerial dan kerjasama, tanpa ada sistem yang mengatur melakasanaan kegitan ekstrakulikuler tidak berjalan dengan baik, maka diperlukan administrasi dan manajerial untuk mengatur pelakasanaan kegiatan ekstrakulikuler kerjasama mutlak dilakukan untuk mengembangkan kinerja program. Tahapan evaluasi dalam mengembanagn ekstrakulikuler ada tiga tahapan evaluasi rutin, evaluasi intern, evalusi ekstern dengan menggunakan strategi program e-character.
Tidak tersedia versi lain