Text
Pengembangan media pembelajaran Autoplay pada materi haji dan umroh untuk peningkatan efektivitas belajar siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Nganjuk
Haji dan Umroh merupakan salah satu kajian yang terdapat dalam mata pelajaran Fiqih yang wajib dikuasai oleh siswa. Namun ketika proses pembelajaran, sering kali penyampaian materi fiqih hanya melalui penjelasan dan tanpa praktik yang nyata. Sehingga dalam praktik di kehidupan sehari-hari masih terdapat kesalahan kesalahan yang ditemui. Visualisasi menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memberikan contoh dan panduan pada siswa agar lebih mudah dalam memahami materi pelajaran dan mempraktikkan dengan benar dalam kehidupan. Gambar dua dimensi dan video dapat dikembangkan dan menjadi pendukung dalam visualisasi. Untuk mewujudkan pembelajaran tersebut, maka dibutuhkan media Autoplay sebagai media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1. Mendeskripsikan produk pengembangan Media Pembelajaran Autoplay yang cocok digunakan dalam pembelajaran materi Haji dan Umrah pada kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Nganjuk 2. Mengetahui efektivitas Media Pembelajaran Autoplay dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Nganjuk pada materi Haji dan Umrah.
Penelitian ini merupakan penelitian yang berorientasi pada pengembangan dan penghasilan produk dalam bidang pendidikan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dan tes hasil belajar. Hasil analisis penilaian dari validator diperoleh media pembelajaran Autoplay yang layak, dan untuk hasil pengelolaan pembelajaran berada pada kualifikasi positif dan baik, serta memenuhi syarat keefektifan yaitu hasil belajar meningkat dari sebelum dan sesudah menggunakan Media Autoplay.
Dari perhitungan manual dengan menggunakan uji t dua sampel (paired sampel t test) didapat nilai thing> tabel, artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya terdapat perbedaan signifikan pada hasil belajar Fiqih siswa kelas VIII sebelum dan sesudah menggunakan media Autoplay di MTs Negeri 5 Nganjuk. Media ini mendapat kualifikasi yang baik, berdasarkan hasil validasi ahli isi mendapat nilai 82,5%, dari ahli desain mendapat nilai 80%, dari guru mata pelajaran mendapat nilai 92%, uji perorangan mendapat nilai 86%, uji kelompok kecil mendapat nilai 87,5%. dan uji coba lapangan mendapat nilai 89,34%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan Media Autoplay pada materi shalat Haji dan Umroh kelas VIII layak, menarik, dan efektif.
Tidak tersedia versi lain