Text
Self efficacy pada anak berkebutuhan khusus yang berprestasi dalam bidang seni di SLB Ngasem Kabupaten Kediri
Efikasi diri merupakan individu yang sadar, yakin, dan memiliki harapan besar atas dirinya untuk melaksanakan tugas yang ia dapatkan dan menyelesaikannya dengan pengharapan mampu mencapai hasil yang ia inginkan. Anak berkebutuhan khusus ialah anak yang dalam masa perkembangannya mengalami kelalaian dalam segi psikis, fisik, intelektual, emosional, dan juga prestasi. Namun mereka mampu mengembangkan prestasi yang ia miliki dengan adanya stimulus dari lingkungan sekitar terutama persuasi sosialnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor efikasi diri dan aspek-aspek efikasi diri pada anak berkebutuhan khusus yang berprestasi dalam bidang seni di Sekolah Luar Biasa Ngasem Kabupaten Kediri. metode yang digunakan dalam pendekatan ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan desain studi kasus dengan 3 subjek anak berkebutuhan khusus dan 3 significant other. Tehnik pengumpulan data menggunakan (1) wawancara (2) observasi (3) dokumentasi. Analisis data melalui tiga proses yaitu: (1) reduksi data (2) penyajian data (3) penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data melalui triangulasi data sumber.
Hasil dari penelitian ini yakni menunjukkan bahwa ketiga subjek anak berkebutuhan kusus yang berprestasi dalam bidang seni memiliki efikasi diri yang baik,ketika mendapatkan tingkat kesulitan ketiga subjek mampu menghadapinya dengan baik dan memahami kemampuan dirinya dengan baik, menurut peneliti dua hal tersebut adalah sesuatu yang sangat penting untuk dimiliki seserorang supaya seseorang mampu mengembangkan prestasi diri yang dimiliki. Sedangkan untuk faktor-faktor efikasi diri yang sangat signifikan adalah persuasi sosial.
Tidak tersedia versi lain