Text
Kedisilinan belajar siswa excellect studi komparatif antara siswa yang tinggal di pondok & di rumah di MTsN 2 Kediri
Kedisiplinan belajar adalah salah satu nilai karakter yang harus di kembangkan di sekolah. Apabila sekolah mampu membina sikap dan perilaku positif pada siswa sehingga membentuk pribadi dan akhlak yang baik, maka siswa tersebut mempunyai bekal dalam menghadapi berbagai masalah diluar maupun didalam sekolah. Kedisiplinan belajar merupakan keberhasilan pribadi, dengan disiplin belajar seseorang dapat menggunakan seluruh kemampuan bakat bawaannya dan mengembangkan dirinya agar dapat berperilaku tertib
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan kedisiplinan belajar siswa excellent kelas VIII di MTsN 2 Kota Kediri yang tinggal di pondok pesantren dan rumah serta untuk mengetahui sebera besar perbedaan tingkat kedisiplinan belajar siswa excellent kelas VIII MTsN 2 Kota Kediri yang tinggl di pondok pesantren dan di rumah.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif uji t-test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa siswi excellent kelas VIII di MTsN 2 Kota Kediri yang berjumlah 28 siswa. Untuk siswa excellent kelas VIII di MTsN 2 Kota Kediri yang tinggal di pondok berjumlah 14 siswa dan yang tinggal di rumah berjumlah 14 siswa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan angket kedisiplinan belajar. Kemudian, data di analisis menggunakan uji t-test.
Hasil analisis dengan menggunakan uji Wilcoxon di peroleh nilai 0,030 < 0,05. Hasil ini berarti ada perbedaan yang signifikan kedisiplinan belajar siswa excellent kelas VIII yang tinggal di pondok dan yang tinggal di rumah. Nilai mean siswa excellent kelas VIII yang tinggal di pondok adalah 119,92 dan siswa yang tinggal di rumah 117,5. Dengan demikian kedisiplinan belajar siswa excellent kelas VIII yang tinggal di pondok lebih tinggi dari siswa yang tinggal di rumah MTsN 2 Kota Kediri.
Tidak tersedia versi lain