Text
Pengaruh pembelajaran dengan metode bermain peran guna mengembangkan sosial emosional siswa TK Darma Wanita Singonegaran III Kota Kediri
Perkembangan sosial emosional merupakan salah satu aspek penting pada perkembangan yang harus diutamakan dalam pembelajaran di taman kanak-kanan. Diindikasikan dengan bermain dengan teman sebaya, bersifat kooperatif dengan teman, dan bertanggung jawab serta peran guru yang variatif dalam proses pembelajaran hingga terjadi proses belajar yang maksimal. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah "Bagaimana Pengaruh metode Bermain peran guna mengembangkan sosial emosional anak usia dini TK Darma Wanita III Singonegaran Kota Kediri serta Bagaimana Penerapan metode bermain guna mengembangkan sosial emosional anak usia dini TK Darma Wanita III Singonegaran Kota Kediri dan Apa Faktor yang mempengaruhi perkembangan sosial emosional siswa di TK Darma Wanita III Singonegaran Kota Kediri". Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Pengaruh metode bermain peran dalam mengembangkan sosial-emosional siswa di TK Darma Wanita III Singonegaran Kota Kediri.
Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif deskriptif dengan subyek penelitian adalah siswa TK Darma Wanita Singonegaran III. Alat pengumpul data yang penulis gunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian di TK Darma Wanita Singonegaran III maka dapat disimpulkan bahwa Perkembangan Sosial Emosional Anak Melalui Metode Bermain Peran di TK Darma Wanita Singonegaran III bahwa sudah berkembang baik dengan adanya permainan profesi yakni dengan mengikuti langkah-langkah bermain peran: 1. Siswa dapat bekerjasama. 2. Siswa bersikap menghargai terhadap temannya. 3. Siswa dapat mengendalikan emosi dengan wajar. 4. Siswa memiliki rasa sopan santun kepada orang lain. 5. Menaati tata tertib sekolah. 6. Melaksanakan tugas secara mandiri. 7. Suka menolong. 8. Menunjukan kebanggaan terhadap hasil karyanya. 9. Menghargai hasil karya orang lain.
Tidak tersedia versi lain