Text
Pembelajaran pendidikan agama Islam dalam program adiwiyata di MTs Negeri Kanigoro Kras Kediri
Melihat fenomena bencana yang terjadi diberbagai daerah seperti tanah longsor, banjir, pencemaran air sungai, pencemaran udara dan lain sebagainya. Merupakan dampak dari ulah tangan manusia terhadap lingkungan hidup dalam menjaga dan melestarikannya. Kemudian, untuk mengatasi problem lingkungan yang semakin hari semakin parah, maka perlu langkah yang strategis dan berkesinambungan. Langkah yang dimaksud adalah melalui pendidikan. Sebab pendidikan merupakan tempat yang paling tepat untuk menanamkan nilai-nilai melestarikan lingkungan. Berangkat dari hal tersebut MTs Negeri Kanigoro Kediri dalam progam adiwiyata kemudian mengintegrasikannya melalui kurikulum, KBM dan praktek, termasuk pendidikan agama islam meliputi akidah akhlak, SKI, fiqih, dan qur'an hadist. Fokus penelitian ini membahas tentang bagaimana perencanaan, pelaksananan, dan evaluasi pembelajaran pendidikan agama islam dalam progam adiwiyata di MTs Negeri Kanigoro Kras Kediri.
Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) Mendiskripsikan perencanaan
pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam progam adiwiyata di MTs Negeri
Kanigoro. 2) Mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam
dalam progam adiwiyata di MTs Negeri Kanigoro. 3) Mendiskripsikan evaluasi
pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam progam adiwiyata di MTs Negeri
Kanigoro. Jenis dan pendekatan penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian
adalah menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan
metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang
digunakan adalah analisis deskriptif. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber
dan teknik
Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu 1) Perencanaan pembelajaran pendidikan agama islam dalam progam adiwiyata di MTs Negeri Kanigoro yaitu guru sebelum mengajar membuat RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) dengan ditambahkan materi yang berkaitan dengan lingkungan hidup. melalui indikator pembelajaran, serta melakukan aksi kegiatan seperti penanaman pohon, pembuatan sumur biopori, dan memilah sampah organik dan non organik. 2) Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama islam dalam progam adiwiyata di MTs Negeri Kanigoro yaitu berupa KBM KBM yang berlangsung mulai dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan penutup sampai teknik pengambilan nilai juga terintegrasi dengan progam adiwiyata. 3) Evaluasi pembelajaran pendidikan agama islam dalam progam adiwiyata yaitu hasil evaluasinya menggunakan tes dan non tes. Evaluasi tes tersebut seperti ulangan harian dan ulangan semester serta evaluasi non tes, seperti ujian praktek dan unjuk kerja.
Tidak tersedia versi lain