Text
Efektifitas menghafal dalam memahami ilmu nahwu sharaf di Madrasah Haji Ya`qub Lirboyo Kota Kediri
Madrasah Diniyah Haji Ya'qub Lirboyo kota Kediri merupukan salah satu madrasah yang menerapkan sistem penididikan pesantren yang mengacu pada kitab klasik, salah satu pembelajaran yang ditekankan di Madrasah Diniyah Haji Ya'qub adalah pada aspek hafalan terutama dalam Nahwu Sahraf, harapan dengan ditekankannya hafalan santri-santri dapat lebih mudah memahami. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1. Mendeskripsikan sistem hafalan ilmu Nahwu Sharaf di Madrasah Haji Ya'qub Lirboyo kota Kediri, 2. Mendeskripsikan hambatan dalam menghafal ilmu Nahwu-Sharaf di Madrasah Haji Ya'qub Lirboyo kota Kediri, 3. Mendeskripsikan efektifitas menghafal dalam memahami
ilmu Nahwu-Sharaf di Madrasah Haji Ya'qub Lirboyo kota Kediri. Jenis penelitian dalam tesis ini adalah pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Seluruh data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data yang ada, reduksi data, pengecekan keabsahan data, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Dari penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh hasil sebagai berikut: 1. Sistem hafalan ilmu nahwu-sharaf meliputi: Program hafalan, didalamnya terdapat program harian, program mingguan dan program tahunan, pelaksa hafalan didalamnya terdapat muroja'ah hafalan pribadi, muroja'ah hafalan kelompok dan karantina hafalan, dan evaluasi hafalan didalamnya tedapat evaluasi program, evaluasi proses dan evaluasi hasil. 2. Hambatan memahami nahwu sharaf, meliputi: Faktor eksternal, hambatan dalam faktor eksternal dari setiap santri pada umumnya sama, yaitu: kurang memaksimalkan waktu yang ada, uring baik waktu di pondok maupun diluar pondok, Faktor internal, hambatan santri pada faktor internal seperti: merasa bosan karena belum paham, kurang semangat dan kurangnya jam pembelajaran, 3. Efektifitas menghafal dalam memahami nahwu sharaf di madrasah diniyah Haji Ya'qub Lirboyo Kota Kediri supaya mudah dalam memahami ilmu nahwu sharaf santri-santri diwajibkan untuk menghafalkan nadhom, taqrirat nahwu sharaf dan mengikuti kegiatan yang. menunjang pemahaman. Secara umum menghafal dapat melestarikan atau mempertahankan materi pengetahuan yang di kuasai seseorang. Dalam kenyataannya seorang peserta didik yang hafal banyak kaidah, akan memberi. kesan yang kuat pada memorinya. Hal ini juga terjadi di MDHY dimana santri yang hafalan Nahwu Sharafnya bagus cenderung memiliki pemahaman ilmu. Nahwu Sharaf yang bagus dan santri yang hafalan Nahwu Sharaf kurang bagus cenderung pemahaman ilmu Nahwu Sharaf juga kurang bagus.
Tidak tersedia versi lain