Text
Manajemen penerimaan peserta didik baru di MI Miftahul Huda Pandantoyo Kertosono Kabupaten Nganjuk
Penerimaan peserta didik baru merupakan kegiatan awal yang dilakukan lembaga pendidikan menjelang tahun ajaran baru. Kegiatan ini biasanya dilakukan dengan mengadakan sosialisasi dan seleksi, hal ini sebagai upaya untuk mempengaruhi masyarakat dan mendapatkan calon peserta didik yang berkualitas. Pengelolaan yang tepat selalu menjadi pertimbangan lembaga pendidikan agar kegiatan penerimaan peserta didik baru dapat berjalan sesuai tujuan yang telah ditetapkan.
MI Miftahul Huda Pandantoyo Kertosono Kabupaten Nganjuk merupakan sekolah baru diantara sekolah-sekolah yang ada di kecamatan Kertosono. Meskipun termasuk baru dan dekat dengan sekoloh dasar negeri yang favorit di daerah tersebut, tetapi lembaga ini mampu menarik minat masyarakat untuk menyekolahkan putra-putrinya di MI Miftahul Huda Pandantoyo. Dengan manajemen penerimaan peserta didik baru yang bagus, MI ini mampu mendapatkan jumlah siswa yang fantastis.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pada penerimaan peserta didik baru dengan fokus penelitian, yaitu: 1) Perencanaan penerimaan peserta didik baru 2) Pengorganisasian penerimaan peserta didik baru 3) Pelaksanaan penerimaan peserta didik baru 4) Pengawasan penerimaan peserta didik baru 5) Evaluasi penerimaan peserta didik baru.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu untuk menggambarkan, memaparkan, dan mengungkapkan hasil penelitian mengenai manajemen penerimaan peserta didik baru. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen penerimaan peserta didik baru meliputi: 1) perencanaan dengan melakukan tahap penetapan tujuan dan sasaran, pembuatan juknis dan juklak, penetapan daya tampung dan perumusan strategi sosialisasi yang akan digunakan. 2) pengorganisasian dengan membentuk kepanitiaan dengan waktu yang lama. serta koordinasi setiap seminggu sekali. 3) pelaksanaan sosialisasi dengan menggunakan strategi intern dan ekstern dan seleksi dilakukan dengan bentuk tes lisan, tes tulis, serta tes wawancara. Sedangkan penentuan peserta didik baru dengan musyawarak kepala madrasah, waka, dan yayasan dengan mengacu pada nilai tes. 4) Pengawasan dilakukan oleh kepala madrasah secara kontinu dan ketua yayasan dengan pengawasan tidak langsung 5) Evaluasi secara kesuluruhan dilakukan setelah pengumuman peserta didik yang diterima dengan dihadiri ketua yayasan, kepala madrasah dan semua guru.
Tidak tersedia versi lain