Text
Internalisasi nilai-nilai agama Islam melalui kegiatan keagamaan di SD Pawyatan Daha 1,2 Kota Kediri
Pendidikan di Indonesia dalam era digital saat ini banyak menuai problem, salah satunya kegemaran anak dalam ketergantungannya terhadap gadget yang berakibat kecanduan, hal ini akan berakibat membahayakan moralitasnya. Problem tersebut memerlukan beberapa trobosan, salah satunya melalui internalisasi nilai nilai agama Islam yang diterapkan di sekolah, yaitu dengan diselenggarakannya kegiatan-kegiatan keagamaan. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti lebih jauh tentang Internalisası nilai-nilai agama Islam melalui kegiatan keagamaan di SD Pawyatan Daha 1, 2 Kota Kediri, dengan fokus penelitian sebagai berikut. bagaimana kegiatan keagamaan di SD Pawyatan Daha 1, 2 Kota Kediri sebagai sarana internalisasi nilai-nilai agama Islam?, apa saja nilai-nilai agama Islam yang ditanamkan dalam kegiatan keagamaan tersebut?, bagaimana prilaku siswa di SD Pawyatan Daha 1, 2 Kota Kediri? aan
Dalam penelitian ini menggunakan penelitian yang bersifat kualitatif dokumentasi, deskriptif. Untuk mengumpulkan data, peneiti menggunakan metode observatif, wawancara (interview) dan juga doku dengan menggunakan analisis deskriptif untuk menggambarkan dan merumuskan data yang diperoleh.
Kota Kediri men sedangkan yang tidak langsung melalui kegiatan Dari hasil yang didapat proses penanaman nilai-nilai agama Islam dalam pembentukan kepribadian melalui langsung dengan nasihat dan berupa i kegiatan keagamaan di SD Pawyatan Daha 1,2 dua cara, yaitu langsung dan tidak langsung Cara metode keteladanan, pembiasaan, pengawasan, pembelajaran di kelas-kelas. Dalam internalisasi nilai-nilai agama Islam terhadap pembentukan kepribadian diperlukan cara yang sangat pelan-pelan, sehingga diperlukan beberapa tahapan di antaranya pemberian pengetahuan dan pemahaman, pembiasaan, transinternalisasi, kebutuhan, dan evaluasi. Dengan tujuan agar siswa dapat mengamalkan nilai akidah, nilai syari'ah dan nilai akhlak dalam kehidupan sehari-hari Sehingga dampaknya selain anak mampu mengaplikasikan langsung dengan membiasakan diri pada perilaku/kegiatan sehari-hari yang sesuai dengan nilai-nilai agama Islam, juga berdampak pada prestasi akademik maupun non akademiknya.
Tidak tersedia versi lain