Text
Metode penelitian komunikasi : dilengkapi contoh analisis statistik dan penafsirannya
Buku Metode Penelitian Komunikasi Edisi Revisi ini membahas tradisi, paradigma, dan pendekatan dalam penelitian, serta mengulas tentang analisis dan penafsiran data disertai contoh yang bisa langsung diterapkan dalam penelitian, juga contoh-contoh proposal penelitian komunikasi yang mutakhir. Para ahli tidak selalu sama dalam menentukan langkah-langkah yang harus dilalui dalam penelitian ilmiah. Namun pada umumnya dimulai dari (1) memilih masalah yang menarik, penting dan dapat diteliti, (2) kemudian merumuskan judul penelitian, (3) melakukan studi pendahuluan, (4) membaca rujukan yang relevan (tinjauan pustaka), (5) menyusun proposal penelitian serta instrumen pengumpul data, (6) mengumpulkan data, (7) mengolah dan menganalisis data, (8) menarik kesimpulan dan (9) membuat laporan. Ilmu Komunikasi sebagai rumpun ilmu sosial, mempunyai paradigma penelitian yang hampir sama dengan ilmu-ilmu sosial lain. Penelitian komunikasi hanya mempunyai ciri tersendiri pada beberapa teori yang digunakan, yang sebahagian juga dikembangkan dari teori ilmu-ilmu sosial yang berbatasan dengan Ilmu Komunikasi. Ciri khas penelitian komunikasi lain terletak pada contoh - contoh penerapan yang disesuaikan dengan ruang lingkup Ilmu Komunikasi. Karena itu metodologi penelitian komunikasi juga sesuai digunakan untuk penelitian ilmu-ilmu sosial lain; seperti pendidikan, antropologi, sosiologi, ekonomi, psikologi dan sebagainya.
Tidak tersedia versi lain