Text
Pengaruh harga terhadap keputusan pembelian sayur (studi pada Pasar Pagu Desa Pagu Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri)
Pada dasarnya setiap manusia memiliki kebutuhan yang berbeda dalam setiap hidupnya. Menurut Maslow Kebutuhan terbagi menjadi beberapa jenjang mulai dari kebutuhan dasar atau kebutuhan primer sampai dengan kebutuhan psikologis yaitu kebutuhan sekunder. Manusia dalam melakukan pemenuhan kebutuhan salah satunya dengan membeli barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhannya. Faktor utama yang diperhatikan konumen dalam melakukan pembelian adalah harga
Harga merupakan faktor sangat dominan dalam menentukan keputusan pembelian. Mengenai keputusan pembelian Philip Kotler menyatakan bahwa ada beberapa tahap yang terdapat dalam proses pembelian pada saat konsumen melakukan pembelian. Mulai dari timbulnya kebutuhan, pencarian informasi, pengevaluasian perilaku, pembuatan keputusan untuk membeli, dan perilaku atau perasaan setelah membeli.
Salah satu yang menjadi tempat pemenuhan kebutuhan yaitu pasar. Pasar tradisional yang ada di Kabupaten Kediri adalah Pasar Pagu. Di sekitar wilayah Pasar Pagu terdapat beberapa pasar yang seringkali jadi pertimbangan masyarakat untuk berbelanja karena lokasinya yang berdekatan, yaitu Pasar Gurah dan Pasar Kweden Pada umumnya komoditi yang paling sering di beli oleh konsumen pada pasar tradisional adalah sayuran Bapak Aris salah satu konsumen yang membeli sayur untuk dijual kembali juga menjelaskan bahwa harga sayur dari setiap pedagang relatif sama. Akan tetapi apabila dibandingkan dengan Pasar Gurah dan Pasar Kweden masih lebih murah di Pasar Pagu.
Untuk itu eneliti melakukan penelitian kepada 100 responden pembeli sayur di Pasar Pagu Ds. Pagu Kec. Pagu menggunakan teknik simple random tu peneliti sampling dengan menggunakan angket/kuisioner sebagai instrument penelitian. Berikut hasil penelitiannya, untuk variabel X atau (harga) berdasarkan analisis data diperoleh hasil 60 dari 100 (60,0 %) responden menyatakan harga sayur pada Pasar Pagu terpembelian) berdasarkan analisis data diperoleh hasil 70 dan 100 termasuk dalam kategori kategori murah. Sedangkan untuk variabel Y atau (Keputusan menyatakan keputusan pembelian sayur pada Pasar Pagu (70,0%) respondete gori Tinggi. Untuk Nilai uji pada analisis Person Correlation termasuk sebesar 0,827 hal ini berarti korelasi antara harga dan keputusan pembelian berkorelasi sangat kuat. Sedangkan Uji berkor thitung 4,554 dan label 1,66023 menunjukkan bahwa thtung > Tabel, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara harga dan keputusan pembelian. Sedangkan koefisien determinasi ditemukan hasil 0,684 artinya besarnya pengaruh variabel harga terhadap keputusan pembelian sebesar 68,4%. sedangkan yang 31,6% disebabkan oleh faktor lain yaitu faktor produk, promosi dan lokasi.
Tidak tersedia versi lain