Text
Peran strategi pengembangan produk dalam meningkatkan volume penjualan perusahaan (studi kasus di Perusahaan Roti Naf`a Dusun Pandan Desa Canggu Kecamatan Badas Kabupaten Kediri)
Pengembangan produk merupakan penawaran produk baru atau produk yang diperbaiki/disempurnakan untuk pasar yang telah tersedia. Strategi pengembangan produk meliputi strategi peningkatan kualitas produk, strategi peningkatan keistimewaan produk, serta strategi peningkatan gaya produk. Perusahaan Roti Naf'a ini mulai berdiri pada 5 Mei 2009 dan telah berhasil mengembangkan usahanya dengan menambahkan 5 jenis roti, yaitu Roti Pia, Roti Gembos, Roti Boy, Roti Sisir dan Roti Gulung dengan memberikan banyak varian rasa. Penelitian ini bermaksud untuk menganalisis Peran Strategi Pengembangan Produk Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Perusahaan dengan fokus penelitian adalah (1) Bagaimana Strategi Pengembangan Produk Perusahaan Roti Nafa Dusun Pandan Desa Canggu Kecamatan Badas Kabupaten Kediri; (2) Bagaimana Peran Strategi Pengembangan Produk Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Perusahaan Roti Naf a Dusun Pandan Desa Canggu Kecamtan Badas Kabupaten Kediri
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dimana kehadiran peneliti dilapangan sangat diperlukan Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dengan cara triangulasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan
Hasil dari penelitian adalah 1). Perusahaan mempunyai beberapa strategi pengembangan produk yaitu strategi peningkatan kualitas dan peningkatan keistimewaan produk. Dengan strategi tersebut perusahaan menciptakan produk produk baru dan memberikan beberapa macam varian rasa. Sehingga telah memberikan hasil produk yang maksimal. 2). Penerapan strategi pengembangan produk yang dilakukan perusahaan telah memberikan peran yang sangat besar dalam meningkatkan volume penjualan perusahaan pada tahun 2018 sampai dengan tahun 2019. Peningkatan ini dipengaruhi oleh semakin meningkatnya permintaan dan juga bertepatan pada acara musiman warga. Meskipun terdapat penurunan penjualan pada bulan April-Mei 2018, bulan November-Desember 2018, dan bulan Februari 2019. Penurunan ini disebabkan karena semakin banyaknya pesaing-pesaing baru yang berada disekitar perusahaan yang juga menjual produk sejenis.
Tidak tersedia versi lain