Text
Pengaruh celebrity endorsement terhadap keputusan pembelian produk Fair & Lovely (studi kasus mahasiswa Ekonomi Syariah Tahun Angkatan 2015 dan 2016 IAIN Kediri)
Saat ini perusahaan baik itu besar ataupun kecil, baru ataupun lama saling bersaing dalam merebut pasar. Bahkan seringkali mengeluarkan modal yang cukup besar agar produknya dapat bertahan di pasar. Dalam rangka memaksimalkan penjualan untuk meningkatkan pangsa pasar, Fair & Lovely melakukan promosi yang dilakukan dengan berbagai cara, antara lain melalui periklanan dengan menggunakan celebrity endorsement. Penggunaan celebrity endorsement dalam sebuah iklan dirasa dapat membuat produk yang dipromosikan menjadi dikenal, diketahui dan diminati. Disadari atau tidak, kata kata yang diucapkan dan bahkan terkadang hanya karisma dari seseorang yang menarik seperti celebrity akan mendapat perhatian yang lebih besar disamping sangat mudah untuk diingat dan dapat mempengaruhi keputusan pembelian calon konsumen dari produk tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa ekonomi syariah IAIN Kediri angkatan 2015 dan 2016. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Sampel pada penelitian ini sebanyak 96 responden dengan karakteristik yaitu mahasiswa yang menggunakan produk Fair & Lovely. Analisis kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, uji hipotesis lewat uji T, uji koefisien determinasi (R²) dan analisis regresi linier sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel celebrity endorsement berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian produk Fair & Lovely pada mahasiswa ekonomi syariah IAIN Kediri angkatan 2015 dan 2016. Berdasarkan uji regresi linier sederhana variabel celebrity endorsement (X) berpengruh terhadap keputusan pembelian dengan hining > Label yaitu (5,163 > 1,660). Berdasarkan uji t dapat disimpulkan celebrity endorsement berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Kediri tahun angkatan 2015 dan 2016 pada produk Fair & Lovely dengan nilai tutung > Label yaitu (5,163> 1,660) dengan tingkat signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 (0,000
Tidak tersedia versi lain