Text
Pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian kaos (studi pada konsumen Distro Inception 99 Kediri)
Distro adalah singkatan dari distribution store atau distribution outlet. Distro merupakan jenis toko di Indonesia yang menjual pakaian dan aksesoris yang dititipkan oleh pembuat pakaian atau diproduksi sendiri. Distro umumnya merupakan industri kecil dan menengah (IKM) dengan merek independent yang banyak dikembangkan oleh kalangan muda. Distro berbeda dari butik dan factory outlet (FO) di mana butik hanya menjual barang barang yang diproduksi oleh butik itu sendiri (terutama produk wanita) dan tidak ada ditempat lain. Kemudian FO dan toko-toko pengecer lainnya tidak membuat produk, tetapi hanya sekedar tempat menjual atau penyalur produk yang dibuat oleh pihak lain. Sedangkan distro selain membuat dan menjual produk sendiri dalam jumlah terbatas juga memasarkan produknya melalui penyalur lain dan menerima produk distro lain (konsinyasi).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Sampel diambil sebanyak 100 responden konsumen Distro Inception 99. Pengumpulan data konsu dilakukan dengan menyebar angket kepada responden Distro Inception 99 yang melakukan pembelian kaos. Metode analisis yang digunakan dalam peneltian ini adalah uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik (normalitas, autokorelasi, heteroskedastistias) korelasi, analisis regresi linier sederhana, uji hipotesis dan koefisien determinasi.
lasurkan hasil penelitian dapat diketahui korelasi antara variabel kualitas produk Berdasarkan dengan variabel keputusan pembelian ditunjukkan oleh besarnya nilai R yaitu 0,883 yang artinya memiliki pengaruh sangat kuat. Serta hasil uji nilai thung 18,601> tubdl = 1,66023 dengan nilai signifikansi 0,005 < 0,05 maka Ho, ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian menunjukkan variabel kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian kaos pada Distro Inception 99 Kediri. Kemudian koefisien determinan atau R square sebesar 0,779, artinya besarnya pengaruh variabel kualitas produk terhadap keputusan pembelian sebesar 77,9%. Sedangkan sisanya sebesar 22,1% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak dijelaskan atau tidak diteliti dalam penelitian ini yaitu promosi, lokasi, dan harga.
Tidak tersedia versi lain