Text
Pengaruh produk dan lokasi terhadap keputusan pembelian Mie Djoedes cabang Bence Kota Kediri (studi pada mahasiswa IAIN Kediri Jurusan Ekonomi Syariah angkatan 2016)
Produk merupakan segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk memenuhi keinginan serta kebutuhan konsumen. Salah satu cara yang dapat dilakukan dalam memenuhi kebutuhan dari konsumen yaitu dengan meningkat kualitas produk. Kualitas produk merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh setiap perusahaan apabila ingin bersaing di pasar untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen. Selain itu, faktor lokasi juga harus diperhatikan dalam usaha meraih konsumen.
Pemberian kualitas produk dan lokasi yang baik pada pembeli akan mempengaruhi pembeli dalam melakukan keputusan pembelian. Apabila kualitas produk dan lokasi yang diterima sesuai dengan yang diharapkan, maka kualitas produk dan lokasi dipersepsikan baik dan memuaskan. Pembeli yang merasa puas akan kualitas produk dan lokasi maka akan melakukan pembelian ulang terhadap suatu produk.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan lokasi terhadap keputusan pembelian Mie Djoedes cabang bence kota Kediri pada mahasiswa IAIN Kediri Jurusan Ekonomi Syariah Angkatan 2016. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, instrumen dalam penelitian ini berupa angket yang diberikan kepada responden dalam penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa IAIN Kediri Jurusan Ekonomi Syariah Angkatan 2016 yang pernah membeli Mic Djoedes sebanyak 2 kali sebanyak 186 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampling jenuh. Sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 186 orang.
Hasil penelitian ini mendapatkan bahwa persamaan regresi yang terbentuk adalahY 9,606 +0,760X, + 0,163 X₂. Hasil penelitian ini secara parsial menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian Mie Djoedes sebesar 0,881 atau 88,1%. Dan lokasi cukup berpengaruh terhadap keputusan pembelian Mie Djoedes sebesar 0,553 atau 55,3%. Secara simultan kualitas produk dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Mic Djoedes sebesar 0,790 atau 79% sedangkan 21% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini seperti harga dan promosi yang juga memegang peranan penting dalam keputusan pembelian selain kualitas produk dan lokasi.
Tidak tersedia versi lain