Text
Pengaruh service quality terhadap brand trust (studi kasus pada siswa siswi SMPN 4 Kediri kelas VIII pengguna GO-JEK layanan GO-Ride)
Service Quality suatu jasa atau produk merupakan salah satu faktor penentu bagi konsumen dalam Brand Trust kepercayaani merek jasa atau produk yang akan digunakannya. Oleh karena itu Service Quality sangat berpengaruh terhadap Brand Trust (kepercayaan pada merek) Kosumen akan memilih Service Quality yang baik dan sesuai yang di janjikan atau bahkan melebihi ekspetasi konsumen. Jika Service Quality yang diberikan baik dan sesuai yang di janjikan atau bahkan melebihi ekspetası, konsumen akan mengunakan jasa tesebut dan percaya pada merek tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Service Quality terhadap Brand Trust pengguna GO-JEK Layanan Go-Ride
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Data dalam penelitian ini yaitu data primer dan skunder diperoleh dari dokumentasi yang telah ada Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SMPN 4 Kediri pengguna GO-JEK Layanan Go-Ride. sebanyak 129 siswa. Sampel berdasarkan metode Purpose Sampling yaitu sampel yang diambil dengan pertimbangan tertentu. Metode analisis yang digunakan meliputi: uji validitas dan reliabilitas instrumen, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, uji regresi liner sederhana, koelasi sederhana, uji t, uji f dan koefisien determinasi
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil Service Quality pengguna GO-JEK Layanan Go-Ride menunjukkan kelas interval dalam kriteria baik dengan hasil 57,4%. (2) Brand Trust pengguna GO-JEK Layanan Go-Ride menunjukkan kelas interval dalam kriteria percaya dengan hasil 51,9%. (3) nilai korelasi antara Service Quality dengan Brand Trust pengguna GO-JEK Layanan Go-Ride pada siswa-siswi SMPN 4 Kediri sebesar 0,612 mempunyai makna hubungan antara Service Quality terhadap Brand Trust termasuk dalam criteria kuat Analisis regresi menunjukkan hasil Y= 14,037 +0,560X, yang berarti jika variabel Service Quality naik satu satuan maka Brand Trust akan naik sebesar 0,560. Nilai R Square adalah 0,553, R Square dapat disebut koefisien determinasi yang dalam hal ini berarti 55% Brand Trust dipengaruhi Service Quality dan 45% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini yaitu Loyalitas, Kepuasaan, dan Company Characteristic
Tidak tersedia versi lain