Text
Kolaborasi stakeholder dengan sekolah dalam menjaga survival MI Fathul Huda Janti Wates Kediri
Hubungan masyarakat yang merupakan bentuk komunikasi yang terselenggara antara organisasi yang bersangkutan dengan siapa saja yang berkepentingan dengannya. Sedangkan tujuan dari humas itu sendiri adalah untuk memastikan bahwa niat baik dan kiprah organisasi yang bersangkutan senantiasa dimengerti oleh pihak-pihak lain yang berkepentingan (stakeholder). Kolaborasi stakeholader diharapkan mampu menciptakan kondisi yang kondusif bagi seluruh komponen pendidikan untuk tumbuh dan berkembang secara dinamik dan sehat, pendidikan yang berbasis masyarakat, pendidikan yang digerakkan oleh misi, pendidikan yang kompetitif dan berupaya menjadi yang terbaik sesuai dengan kekhasan/keunikan masing-masing serta pendidikan yang berorientasikan pada hasil akhir (outcome). Tujuan penelitian adalah untuk menganalisa: (1) Survival di MI. Fathul Huda Janti Wates Kediri (2) Nilai-nilai yang membangun kolaborasi stakeholder dengan sekolah dalam menjaga survival MI Fathul Huda Janti Wates Kediri (3) Bentuk-bentuk kolaborasi stakeholder dengan sekolah di MI Fathul Huda Janti Wates Kediri.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif Lokasi untuk penelitian ini adalah pada Madrasah Ibtidaiyah Fathul Huda Desa Janti Kec. Wates Kab Kediri tahun 2017, dengan subyek penelitian Kepala Sekolah, Bendahara BOS, Guru, Komite Madrasah, Wali Murid, Tokoh Masyarakat. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Keabsahan data pada penelitian ini dengan triangulasi dan membercheck. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Milles dan Huberman, yang terdiri dari reduksi data, display data/penyajian data, dan pengambilan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian meliputi (1) Survival yang terdapat di MI Fathul Huda antara lain legal formal, akademik dan non akademik, hubungan masyarakat, pendanaan, peningkatan SDM pendidik (formal dan non formal) dan pemanfaatan IT dalam sistem informasi manajemen madrasah, (2) Nilai-Nilai Yang Membangun Kolaborasi Stakeholder dengan Sekolah Dalam Menjaga Survival MI. Fathul Huda nilai religius, nilai kerja keras, nilai kreatif, nilai komunikatif, nilai sosial, nilai tanggung jawab, dan (3) Bentuk-Bentuk Kolaborasi Stakeholder di MI. Fathul Huda mengikutsertakan guru dan siswa dalam kegiatan masyarakat, menyediakan fasilitas madrasah untuk keperluan masyarakat, mengikutsertakan pemuka agama dan tokoh masyarakat, mendayagunakan sarana yang tersedia di masyarakat untuk keperluan madrasah
Komiten antara stakeholder dengan madrasah dalam menjaga survivenya sebuah lembaga pendidikan harus benar-benar dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan berkesinambungan supaya dapat menciptakan lembaga) pendidikan yang mampu berdaya saing tinggi seiring dengan tuntutan perkembangan jaman.
Tidak tersedia versi lain