Text
Upaya guru dan orang tua dalam mendisiplinkan sholat siswa di MI Fathul Huda Janti Wates Kediri tahun 2017
Para orang tua menyekolahkan anaknya di MI Fathul Huda dengan dasar agar anaknya menjadi orang yang mengetahui agama dengan benar, bisa mengaji dan sholat. Sebagian besar wali murid sendiri memiliki pekerjaan yang membutuhkan waktu banyak di tempat pekerjaan. Oleh karena itu tesis ini ingin mengungkap 1. Apa saja upaya yang dilakukan oleh guru dalam membina kedisiplinan sholat siswa di MI Fathul Huda ? 2. Apa saja upaya yang dilakukan oleh orang tua dalam membina kedisiplinan sholat siswa di MI Fathul Huda ?
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi untuk penelitian ini adalah pada Madrasah Ibtidaiyah Fathul Huda Desa Janti Kec. Wates Kab. Kediri tahun 2017, dengan subyek penelitian kepala sekolah, guru, wali murid dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Keabsahan data pada penelitian ini dengan triangulasi.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan beberapa hal sebagai berikut: 1. Secara teoritis, penelitian ini menunjukkan bahwa adanya upaya yang dilakukan oleh guru dan orang tua dalam mendisiplinkan sholat siswa di MI Fathul Huda. Hal ini sesuai dengan pendapat yang dikemukakan Amir Daien Indrakusuma bahwa disiplin dapat dilakukan dengan cara pembiasaan, contoh dan tauladan, penyadaran, dan pengawasan. Dan juga pendapat Fuaddudin yang mengemukakan bahwa upaya yang dilakukan untuk mendisiplinkan anak yaitu pendidikan dengan keteladanan, pendidikan dengan pembiasaan, pendidikan dengan nasihat dan dialog, pendidikan dengan pemberian penghargaan atau hukuman. 2. Implikasi Praktis. a.Kedisiplinan sholat siswa bisa dibentuk melalui upaya dari orang tua dan guru. b.Sekalipun sudah ada upaya dari guru dan orang tua untuk mendisiplinkan shalat siswa, hendaknya siswa dengan kesadaran dari dirinya sendiri untuk melaksanakan shalat dengan disiplin.
Tidak tersedia versi lain