Text
Implementasi sistem pendidikan di Kuttab al-Fatih Malang tahun ajaran 2017/2018
Kuttab Al-Fatih Malang merupakan lembaga pendidikan yang terinspirasi dari kejayaan Islam pada masa klasik. Kuttab pada masa klasik merupakan lembaga pendidikan yang melahirkan para ulama serta cendekiawan muslim yang memiliki karya-karya yang sangat menakjubkan. Harapannya, dengan menerapkan sistem pendidikan pada masa klasik dapat menghasilkan hasil yang sama dengan zaman keemasan Islam terdahulu. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1. Mendeskripsikan tujuan pendirian Kuttab Al-Fatih Malang 2. Mendeskrisikan materi-materi yang diajarkan di Kuttab Al-Fatih Malang 3. Mendeskripsikan proses pembelajaran di Kuttab Al-Fatih Malang 4. Mendeskripsikan bentuk evaluasi pembelajan di Kuttab Al-Fatih Malang 5.
Mendeskripsikan sarana dan prasarana di Kuttab Al-Fatih Malang. Jenis penelitian dalam tesis ini adalah pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Seluruh data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data yang ada, reduksi data, pengecekan keabsahan data, ketekunan pengamatan dan triangulasi
Dari penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh hasil penelitian yaitu: 1. Tujuan pendidikan Kuttab Al Fatih yaitu melahirkan generasi gemilang di usia belia, yaitu dengan mengajarkan dan menanamkan karakter iman, mencetak santri penghafal Al-Qur'an, menggali, meneliti dan membuktikan kemukjizatan Al Qur'an, mendidik bahasa peradaban serta mendidik keterampilan hidup. 2. Materi-Materi yang diajarkan adalah materi Iman dan al-Qur'an, selain itu juga terdapat pelajaran murofaqot yang terdiri dari pelajaran IPA, IPS, Berhitung, Matematika, Bahasa Indonesia, calistung serta olah raga. Tetapi ada satu materi yang tidak terdapat di kuttab, padahal materi tersebut adalah materi yang wajib diajarkan, yaitu materi pendidikan kewarganegaraan 3. Sesuai dengan kurikulum yang ada, untuk pelaksanaan pembelajaran dimulai dengan ikrar, kemudian materi al-Qur'an dan terakhir adalah materi Iman. 4. Bentuk evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan sama seperti di sekolah umum, tetapi bedanya untuk soal yang dibuat mengintergarasikan dengan iman dan al-Qur'an. Bentuk evaluasi untuk materi iman dilakukan setiap tema pembahasan dan ujian pada akhir semester. Bentuk penilaian berupa penilaian lisan, tulis serta hafalan baik dalam materi al Qur'an maupun materi iman. 5. Sarana dan prasarana yang terdapat di Kuttab Al Fatih Malang diataranya adalah ruang kelas, masjid dan lapangan olah raga. Untuk ruang kelas yang ada di Kuttab masih terbatas karena baru tahun ketiga pendirian. Jadi untuk kelas terdapat di masjid al-Ghifari lantai dua dan ruang sebelah timur masjid. Akan tetapi pembelajaran dapat terlaksana dengan lancar.
Tidak tersedia versi lain