Text
Hubungan antara image sekolah terhadap minat siswa untuk masuk di MTs Negeri 2 Nganjuk
Era globalisasi telah menuntut perubahan besar di semua sektor, termasuk sektor pendidikan serta persaingan di mana-mana semakin ketat. Tidak dapat dipungkiri, dengan adanya perkebangan dan persaingan untuk mendapatkan siswa, pendidikan sekarang ini sudah mengarah pada proses industrialisasi. Dunia pendidikan hampir tidak bisa dianggap sebagai lembaga sosial, tetapi harus diperlakukan sebagai industri yang harus di kelola secara professional. Citra sekolah yang baik akan menjadi salah satu pertimbangan terjadinya pembentukan minat orang tua/siswa untuk menentukan pilihan terhadap sekolah tersebut.
Image/citra dapat diartikan sebagai persepsi, gambaran seseorang dan masyarakat mengenai organisasi atau produknya yang diperoleh dari informasi, pengetahuan dan pemahaman mengenai produk atau organisasi tersebut. Faktor yang mempengarui imagelcitra sekolah di antaranya, Relations/Humas adalah keseluruhan upaya/seni yang diselenggarakan secara pertama Public terencana baik ke dalam maupun keluar antara suatu organisasi dan semua khalayaknya dalam rangka menciptakan tujuan-tujuan spesifik organisasi dan memperoleh goldwill dari khalayaknya dengan berlandaskan saling pengertian. Ke dua Pemasaran, adalah suatu proses dan manajerial yang membuat individu atau kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai kepada pihak lain atau segala kegiatan yang menyangkut penyampaian produk atau jasa mulai dari produsen sampai konsumen.
Metode pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kombinasi (mixed methods). Menurut Sugiyono (mixed methods) adalah suatu metode penelitian yang mengkombinasikan atau menggabungkan antara metode kuantitatif dan metode kualitatif untuk digunakan secara bersama-sama dalam. suatu kegiatan penelitian sehingga diperoleh data yang lebih komprehensif, valid, reliabel dan objektif. Adapun desain penelitian ini menggunakan sequential explanatory.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif antara image sekolah sebagai variabel (X) terhadap minat siswa variabel (Y) sebesar 24,1% dan sisanya di pengaruhi oleh adanya teman, saudara, kakak, tetangga yang sudah masuk dan belajar di MTs Negeri 2 Nganjuk, juga karena faktor dorongan orang tua yang ingin memasukkan anak-anak mereka di MTs Negeri 2 Nganjuk karena prestasi dari MTs Negeri 2 Nganjuk dan adanya kelas bina prestasi dan kelas bilingual.
Tidak tersedia versi lain