Text
Evaluasi kurikulum 2013 model CIPP pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Kandat I
Evaluasi kurikulum 2013 model CIPP pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dalam dunia pendidikan sangatlah penting dan dibutuhkan dalam menunjang proses pembelajaran dan mempengaruhi hasil dari proses tersebut, dalam penelitian ini evaluasi kurikulum menggunakan model evaluasi CIPP, dengan adanya evaluasi model CIPP yang terdapat aspek kontek, input, proses sampai produk akan menghasilkan lulusan yang berkualitas serta dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan dimana siswa berada serta dunia kerja yang dibutuhkan. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui evaluasi input dan evaluasi proseskurikulum 2013 pada pelajaran pendidikan agama Islam di SDN Kandat 1.
Penelitian ini menggunakan kualitatif. Adapun jenis penelitiannya deskriptif, karena dalam penelitian ini dipandang sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa ucapan atau tulisan dan perilaku yang dapat diamati dari subjek itu sendiri. Untuk metode penggumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, analisis data, dan pengecekan keabsahan data. Seluruh data diperoleh dari wawancara, observasi, dokumentasi setelah itu analisis data. Dan untuk mengecek keabsahan datanya menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian ini adalah: model evaluasi CIPP yang diterapkan di SDN Kandat 1 pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kurikulum 2013 cukup efektif meskipun terdapat beberapa kekurangan, misalnya kurang lengkapnya sarana, prasarana.
Tidak tersedia versi lain