Text
Model evaluasi CIPP supervisi classroom visitation dalam peningkatkan kinerja guru SMAN 1 Kediri
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi program pelaksanaan supervisi classroom visitation dalam peningkatan kinerja guru di SMA Negeri 1 Kediri. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan pendekatan kualitatif. Tehnik pengumpulan data mengunakan wawancara, studi dokumentasi dan observasi, validitas data dengan triangulasi. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pedoman program supervisi dilaksanakan oleh kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi classroom visitation, tujuan program supervisi untuk memperbaiki kinerja guru sudah tercapai, sasaran program supervisi untuk semua guru terutama guru-guru mata pelajaran Ujian Nasional serta visi dan misi sekolah dalam pelaksanaan program supervisi dipahami dan dilaksanakan oleh kepala sekolah beserta semua guru SMA Negeri 1 Kediri Rencana program supervisi disusun kepala sekolah sesuai dengan target yang telah ditentukan. Sarana dan prasarana disediakan dalam pelaksanaan supervisi sehingga program bisa dilaksanakan, anggaran biaya untuk program supervisi terpenuhi dari dana sekolah dan mekanisme pelaksanaan supervisi classroom visitation dilaksanakan secara bertahap. Dalam pelaksanaan program supervisi kepala sekolah koordinasi dengan guru yang disupervisi untuk membuat jadwal supervisi dan tindak lanjut pelaksanaan supervisi dirumuskan kepala sekolah dalam upaya peningkatkan kinerja guru. Hasil program supervisi dipakai sebagai acuan untuk merumuskan program selanjutnya, tingkat keberhasilan program supervisi belum sangat memuaskan serta tindak lanjut hasil supervisi dilaksanakannya dengan program-program yang mendukung peningkatan kinerja guru. Kegiatan program supervisi classroom visitation dapat meningkatkan kinerja guru dalam proses belajar mengajar di dalam kelas sehingga tujuan pembelajaran tercapai optimal dan prestasi siswa meningkat.
Tidak tersedia versi lain