Text
Hubungan antara keterampilan mengajar dan keterampilan mengelola kelas guru PAI dengan prestasi belajar peserta didik (studi kasus di SMK Al-Amien Kota Kediri)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara keterampilan mengajar guru PAI dengan prestasi belajar peserta didik di SMK Al-Amien Kota Kediri, (2) hubungan antara keterampilan mengelola kelas guru PAI dengan prestasi belajar peserta didik di SMK Al-Amien Kota Kediri, dan yang terakhir yaitu (3) hubungan antara antara keterampilan mengajar dan keterampilan mengelola kelas guru PAI dengan prestasi belajar peserta didik di SMK Al-Amien Kota Kediri Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif Penelitian ini dilaksanakan di SMK Al-Amien Kota Kediri. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMK Al Amien Kota Kediri tahun pelajaran 2018/2019 Berdasarkan data peserta didik yang ada, jumlah total keseluruhan peserta didik sebanyak 142 orang. Anggota sampel penelitian berdasarkan tabel Krejcie dan Morgan adalah sejumlah 103 orang. Sampel penelitian diambil dengan teknik Cluster Random Sampling.
Metode pengumpulan data dengan menggunakan angket untuk variabel keterampilan mengajar dan keterampilan mengelola kelas guru PAI, sedangkan variabel prestasi belajar dengan menggunakan nilai rapor Uji instrumen dilakukan dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Pengujian prasyarat dilakukan dengan uji normalitas, uji linearitas dan keberartian regresi, dan uji independensi variabel bebas. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji korelasi baik korelasi tunggal (parsial) dan berganda
Hasil penelitian ini: keterampilan mengajar guru PAI berhubungan terhadap prestasi belajar peserta didik yang dibuktikan dengan nilai sumbangan relatif sebesar 0,790 > 0,050 dan sumbangan efektif sebesar 0,145 > 0,050 Keterampilan mengelola kelas guru PAI berhubungan terhadap prestasi belajar peserta didik yang ditunjukkan dengan nilai sumbangan relatif sebesar 1,790 0,050 dan sumbangan efektif sebesar 0,328 0,050 keterampilan mengajar dan keterampilan mengelola kelas guru PAI berpengaruh secara simultan terhadap prestasi belajar peserta didik yang dibuktikan dengan nilai sumbangan relatif sebesar 1,0 (-0,790 +1,790)>0,05 dan sumbangan efektif sebesar 0,183 (-0,145 +0,328)>0,05
Tidak tersedia versi lain