Text
Pengantar bisnis
Hari-hari terakhir ini kita disungguhi oleh banyak kemudahan hidup yang tidak bisa dinikmati dua puluh, sepuluh bahkan lima tahun yang lalu. Sebut saja misalnya sarana transportasi Grab-taxi atau Uber-taxi yang memudahkan perjalanan dari satu titik ke titik lainnya di kota yang padat dan macet sekalipun dengan ongkos yang murah bila dibandingkan taxi argo. Belum lagi Pesan dengan munculnya Go-Jek sejak lima tahunan lalu yang telah mampu mengefisienkan pergerakan orang di tengah kemacetan lalu lintas. Pesan barang pun sekarang karang menjadi lebih mudah dan lebih cepat. makanan dan dan minuman favorit dapat kita lakukan setiap saat untuk makan siang, makan malam atau untuk perayaan ulang tahun. Melalui aplikasi yang disediakan Google Playstore, kita tinggal pesan jenis makanan dan minuman, berapa banyaknya, alamat ke mana harus diantar, bayar dengan kartu kredit atau kartu debit, selesai. Tinggal tunggu waktu yang sudah dijanjikan dan kita sudah bisa menikmati kemudahan hidup itu tanpa mahal. Kemudahan hidup itu tidak hanya dapat kita rasakan dalam lingkup kota, provinsi, negara bahkan seluruh dunia sudah terintegrasi dengan bisnis. kontemporer. Itulah bisnis zaman now.
Buku ini didesain untuk tujuan pembelajaran klasikal dan praktikal, artinya di dalam dan di luar kelas. Di dalam kelas, pembelajaran diarahkan pada pengertian dan pemahaman atas suatu konsep dan kemungkinan inovasinya dengan diskusi dan kerja kelompok melalui teknik pembelajaran mind-mapping, procons, maupun teknik pembelajaran modern yang lain, termasuk penugasan membuat bussines house yang menghubungkan setiap bagian rumah dengan fungsinya yang similar atau mirip dengan fungsi bisnis. Di luar kelas, pembelajaran melalui kunjungan ke industri, perusahaan, atau unit bisnis yang lainnya baik swasta maupun perusahaan milik negara atau daerah (BUMN atau BUMD).
Buku ini didesain untuk matakuliah Pengantar Binis dalam satu semester dengan bobot tiga SKS. Buku ini berisi 12 bab, bila tersedia 14 minggu untuk tatap muka masing-masing tiga jam, maka keseluruhan bab dalam buku ini akan dapat diselesaikan dalam satu semester atau 14 minggu lengkap dengan pencapaian tujuan pembelajaran (Learning Objective/LO). Dua minggu dialokasikan untuk ujian tengah semester (UTS) dan ujian akhir semester (UAS). Dua belas bab yang dibahas dalam buku ini yakni: Bab 1 Bisnis Kontemporer; Bab 2 Memulai Bisnis; Bab 3 Mengorganisasi dan Mengelola Bisnis; Bab 4 Motivasi dan Kepuasan; Bab 5 Kepemimpinan dalam Bisnis; Bab 6 Mengelola SDM dan Ketenagakerjaan; Bab 7 Manajemen Produksi dan Operasi; Bab 8 Informasi Bisnis; Bab 9 Proses Pemasaran dan Perilaku Konsumen; Bab 10 Produksi dan Penetapan Harga; Bab 11 Distribusi dan Promosi; dan Bab 12 Mengelola Keuangan Bisnis.
Tidak tersedia versi lain