Text
Hubungan antara dukungan sosial orangtua dengan motivasi belajar siswa kelas V di SDIT Alia Nurul Jihadi Tangerang
SDIT Alia Nurul Jihadi merupakan sekolah setara SD di Tangerang yang dimana, selain menjadikan para siswa disekolah tersebut memiliki akhlak yang sesuai dengan Sunnah dan menjadi seorang tahfidz, visi dari sekolah ini juga mengharapkan siswa mereka dapat memiliki prestasi belajar dalam bidang akademik. Namun kenyataannya hampir 75% siswa kelas V di SDIT Alia Nurul Jihadi terlihat tidak menunjukkan perilaku siswa yang memiliki motivasi belajar yang tinggi dalam bidang akademik. Pernyataan lain yang di dapat bahwa banyak dari mereka yang mempersepsikan negatif perihal dukungan sosial orangtua yang diberikan kepada siswa kelas V tersebut terhadap proses belajar dalam bidang akademik mereka. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini ialah mengetahui adanya hubungan antara dukungan sosial orangtua dengan motivasi belajar siswa kelas V di SDIT Alia Nurul Jihadi Tangerang dan seberapa besar hubungan dukungan sosial orangtua dengan motivasi belajar siswa kelas V tersebut.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dimana instrument penelitian yang digunakan ialah menggunakan skala. Skala dukungan sosial orangtua disusun berdasarkan teori Sarafino dan untuk skala motivasi belajar disusun berdasarkan teori Hamzah. 3 Uno. Penelitian ini merupakan studi populasi yang menggunakan seluruh subyek yang terkait dalam fenomena dan berjumlah 96 siswa kelas V di SDIT Alia Nurul Jihadi Tangerang.
Berdasarkan pengolahan data didapatkan hasil penelitian yakni terdapat adanya hubungan antara dukungan sosial orangtua dengan motivasi belajar siswa kelas V di SDIT Alia Nurul Jihadi Tangerang, hal ini terlihat pada nilai koefisien sebesar 0,958 dan signifikansi 0,000, dimana p> 0,05. Sehingga dapat diasumsikan bahwa semakin tinggi dukungan sosial orangtua maka, semakin tinggi motivasi belajar, begitu pula sebaliknya semakin rendah dukungan sosial orangtua maka, akan semakin rendah juga motivasi belajar siswa kelas V di SDIT Alia Nurul Jihadi Tangerang. Kemudian besar hubungan dukungan sosial orangtua dan motiivasi belajar siswa kelas V sebesar r² = 0,918, artinya, 91,8 % motivasi belajar siswa kelas V dipengaruhi oleh dukungan sosial orangtua.
Tidak tersedia versi lain