Text
Regulasi emosi pada taruna pelayaran AMC Perguruan Tinggi Kedinasan
Perguruan tinggi kedinasan yang berada dibawah naungan kementrian menjadi salah satu impian yang membanggakan menjadi seorang taruna yang berseragam, namun taruna juga memiliki tuntutan akademik, kondisi lingkungan dan peraturan asrama yang disiplin Tuntutan ini dapat memicu timbulnya stress dan emosi negatif Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahun Aspek-aspek regulasi emosi taruna (2) strategi meregulasi emosi pada taruna pelayaran AMC (3) Faktor-faktor yang mempengaruhi regulasi emosi taruna pelayaran AMC
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini di lakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi Informan dalam penelitian ini adalah taruna AMC sebanyak empat sabjek Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan metode analisis deskriptif dengan tiga jalur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek yang lebih dominan di subjek yaitu Acceptance of emotional Responses (penerimaan) Dan kolma strategi, taruna memilki strategi meregulasi emosi seperti pemilihan situas pengalihan perhatian, perubahan kognitif dan perubahan respon Dalam hal faktor yang memengaruhi dukungan sosial keluarga dan kognitif memilki peran dalam meregulasi emosi, namun ada juga faktor lain yang mendukung regulasi emosi seperti religiusitas dan budaya yang diberpengaruh pada regulan emosi subjek
Tidak tersedia versi lain