Text
Fashion outdoor sebagai bentuk identitas diri dan komunikasi bagi mahasiswa pencinta alam IAIN Kediri
Fashion merupakan hal pokok bagi anggota UKM Mahaspala IAIN Kediri, bagi mereka fashion merupakan sebuah media komunikasi untuk mendapatkan eksistensi atas identitas diri mereka, hal itu tak luput dari berbagai macam-macam faktor mulai dari internal hingga eksternal, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna dan simbol fashion outdoor anggota UKM Mahaspala dalam menunjukkan identitas diri mereka melalui pendekatan interaksionisme simbolik. Berdasarkan fenomena tersebut, fokus penelitian ini adalah: 1).Bagaimana simbol-simbol fashion outdoorsebagai bentuk identitas diri dan komunikasi yang digunakan oleh anggota Mahaspala IAIN Kediri ? 2). Makna fashion outdoor sebagai identitas dan komunikasi dari anggota Mahaspala IAIN Kediri? 3). Faktor-faktor yang mempengaruhi anggota Mahaspala IAIN Kediri dalam menggunakan fashion outdoor sebagai bentuk identitas diri dan komunikasi ?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sementara itu teknik analisis datanya menggunakan analisis interaktif Miles dan Huberman yang mengunakan reduksi data secara terus-menerus hingga. tuntas. Sedangkan pengecekan keabsahan datanya melalui triangulasi data dan ketekunan pengamatan.
Hasil penelitian ialah sebagai berikut: 1). Anggota Mahaspala menggunakan fashion outdoor yang mencerminkan jati diri seorang pecinta alam. Dalam hal ini simbol dari fashion outdoor yang ditemukan meliputi kemeja flannel, celana cargo, kaos berbahan quick dry, dan juga aksesoris outdoor lainya seperti daypack, sepatu tracking, slingbag dan produk lainnya. yang merepresentasikan fashion style outdoor. 2).Dalam hal ini ditemukan tiga interpretasi makna fashion para anggota Mahaspala yaitu; menggunakan fashion dengan style mapala, kesadaran anggota Mahaspala akan fashion branded, dan menggunakan fashion outdoor sebagai media pencitraan atas identitas mereka sebagai pecinta alam. 3). Terdapat dua faktor yang mempengaruhi fashion mereka, yaitu faktor internal yang meliputi: motivasi, kebutuhan, fashion outdoor sebagai penunjang kegiatan mapala dan fashion outdoor yang mampu merubah image mapala Dan juga faktor eksternal yang meliputi: lingkungan, finansial, dan brand outdoor.
Tidak tersedia versi lain